Penumpang kapal feri dari Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, terus mengalami lonjakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Bahkan pemudik dari  Pulau Bali yang akan ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura harus menginap hingga dua hari.

"Saya sudah dua hari menunggu mendapatkan tiket kapal, dan alhamdulillah sekarang sudah dapat tiket berkat ada satu kapal feri yang diperbantukan," kata Nur Kholila, salah seorang pemudik tujuan Pulau Raas, di sela antre tiket di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jumat dini hari.

Menurut ia, sebenarnya sehari sebelumnya telah mendapatkan tiket, namun sepeda motor miliknya tidak bisa terangkut karena kapal feri mengutamakan penumpang agar tidak terjadi penumpukan penumpang.

"Kemarin dapat tiket untuk penumpang saja, namun sepeda motor saya tidak bisa diangkut, makanya kami bersama keluarga lebih baik menunggu hingga sekarang," ujarnya.

Senada juga disampaikan oleh Sahidun, penumpang kapal feri tujuan Pulau Raas, ini juga mengaku sudah tiga hari bermalam di penginapan sekitar pelabuhan.

"Sudah tiga hari sekarang, dan alahmdulilah sudah dapat tiket karena ada kapal feri bantuan yang beroperasi di sini," tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelabuhan Jangkar Situbondo, Tri Wahyono mengatakan bahwa dengan adanya bantuan armada kapal feri dari PT ASDP sangat membantu mengurangi penumpukan penumpang.

"Mulai Jumat (31/5/19) KMP Cucut dari PT ASDP diperbantukan beroperasi rute Jangkar-Raas hingga satu bulan ke depan," katanya.

Ia menambahkan, untuk kapasitas penumpang bisa mencapai 350 orang dan bisa menampung kendaraan roda dua hingga 250 kendaraan. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019