Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak lima pos pengamanan (pospam) dan satu pos pelayanan (posyan) di sepanjang jalur pantai utara Situbondo selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Khusus pos pelayanan kami geser ke wilayah kota yang sebelumnya di wilayah barat perbatasan Situbondo-Probolinggo, karena seputar menjadi pusat keramaian yang juga jalur pantura," kata Kasat Lantas Polres Situbondo, AKP Hendrix K Wardhana di Situbondo, Senin.

Ia menyebutkan, lima pos pengamanan yang disiapkan pada arus mudik Lebaran tahun ini tersebar di sepanjang jalan raya pantura Situbondo, di antaranya di wilayah barat di pantura Kecamatan Banyuglugur, di objek wisata Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.

Pos pengamanan di Pelabuhan Feri Jangkar, Kecamatan Jangkar, di jalur pantura Kecamatan Asembagus dan pos pengaman di jalur pantura Hutan Baluran Kecamatan Banyuputih.

"Setiap pos pengamanan dan pos pelayanan terdapat personel gabungan dari kepolisian, TNI, Pramuka, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan petugas kesehatan," ujarnya.

Hendrix menambahkan, untuk titik rawan kecelakaan di jalan raya pantura Situbondo hanya satu titik, yakni di Jalan Argopuro Kecamatan Panji. Sedangkan titik rawan kemacetan di jalur pantura Hutana Baluran.

"Titik rawan kecelakaan lalu lintas hanya di Jalan Argopuro, sedangkan rawan kemacetan di Baluran, yang disebabkan truk besar yang mengalami 'trouble'. Oleh karena itu 'H-3' Lebaran kendaraan truk atau kendaraan besar kecuali truk bermuatan sembako dan BBM dilarang beroperasi," paparnya.

Data diperoleh, pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2019 dilaksanakan mulai 29 Mei hingga 10 Juni 2019. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019