Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor, Rachmat Pambudy menilai Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman merupakan sosok yang paling berjasa mengembangkan jagung secara nasional.

"Beliau sangat berjasa mengembangkan jagung secara besar-besaran, kemudian bawang merah, bawang putih, sapi daging dan ayam buras dalam program SIWAB," kata Rachmat, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Pengajar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga pernah menjadi staf Mentan ini menilai Amran berani mengambil dan memutuskan kebijakan yang mengusik telinga para mafia. Di sisi lain, juga mampu meyakinkan DPR dan institusi lain dalam mempromosikan program kerja.

"Hal ini dapat dilihat dari kenaikan anggaran Kementan yang luar biasa dibandingkan menteri sebelumnya. Kemudian juga bisa melihat bangunan hubungan harmonis dan dinamis dengan DPR, TNI AD, POLRI, KPK, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan instansi lainya," tuturnya.

Ia mengatakan, sektor pertanian merupakan sektor penting dalam menopang pendapatan rumah tangga secara nasional, dan merupakan identitas kebesaran serta kemajuan bagi sebuah bangsa. 

Oleh karena itu, diperlukan pemimpin tangguh, memiliki gagasan besar serta kemampuan manajemen yang baik dan apik, salah satunya Amran Sulaiman yang dinilai tepat untuk memimpin Kementerian Pertanian (Kementan). 

"Saya kira beliau mampu mengimbangi Presiden Jokowi dalam melakukan blusukan ke tiap wilayah. Lebih dari itu, sejak Indonesia merdeka, Pak Amran adalah Menteri Pertanian yang paling tinggi frekuensi kunjungan kerjanya untuk menemui petani di seluruh pelosok Indonesia," kata Rachmat. (*)



 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019