Jadwal pelayaran (trip) kapal feri rute Pelabuhan Jangkar, Situbondo ke Pulau Raas dan Pulau Sepudi, Kabupaten Sumenep, Madura, sejak beberapa hari terakhir berkurang dari jadwal tetap pelayaran dua kali dalam seminggu menjadi satu kali karena dari dua kapal feri yang beroperasi di lintasan Selat Madura itu satu di antaranya masih dalam perbaikan.

"Ada dua kapal feri yang beroperasi di sini, yaitu KMP Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika. Namun KMP Dharma Kartika sejak beberapa waktu lalu dilakukan perbaikan (nge-dok)di Surabaya," ujar Pelaksana tuga Kepala UPT Pelabuhan Feri Jangkar, Kabupaten Situbondo, Tri Wahyono di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Ia menjelaskan, jika sebelumnya dua kapal feri beroperasi untuk rute Jangkar-Raas dan Jangkar-Sepudi sebanyak dua kali jadwal layar dalam seminggu, tapi untuk sementara saat ini hanya satu kali dalam seminggu.

Perbaikan KMP Dharma Kartika tersebut, katanya, tidak lain untuk mempersiapkan menghadapi arus mudik Lebaran 1440 Hijriah.

"Sebelumnya jadwal pelayaran kapal feri rute Jangkar-Raas dan Jangkar-Sepudi pada hari Rabu dan Sabtu, namun sementara sekarang hanya hari Rabu saja," ucapnya.

Menurut Tri Wahyono, pihaknya telah berkoordinasi dengan operator kapal feri, dan diperkirakan tanggal 22 Mei 2019, KMP Dharma Kartika akan kembali beroperasi di lintasan Situbondo-Madura.

Sebelumnya, pada Rabu (15/5/19) jumlah penumpang kapal feri rute Jangkar-Raas mulai mengalami peningkatan karena sebagian warga Pulau Raas yang merantau di Pulau Bali memilih mudik lebih awal. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019