Aparat Polres Lumajang menggunakan sepeda untuk melakukan patroli keamanan secara rutin selama Ramadhan 1440 Hijriah untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Anggota Polres Lumajang melakukan patroli keamanan dengan 'gowes' pada sore hari saat masyarakat 'ngabuburit' khususnya di sekitar alun-alun Lumajang yang dipadati masyarakat untuk berburu makanan berbuka puasa," kata Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban saat dikonfirmasi di Lumajang, Kamis.

Menurut dia, aparat kepolisian akan terus membuat gebrakan baru untuk menciptakan kondisi Lumajang yang semakin aman, sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman.

"Polres Lumajang akan terus berbenah demi tercapainya tujuan Polri yakni menciptakan situasi yang aman dan kondusif, sehingga kami akan terus membuat gebrakan-gebrakan baru untuk menjaga agar warga Lumajang semakin tentram dan damai," tuturnya.

Selain melakukan patroli, lanjut dia, Polres Lumajang juga membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas di depan Mapolres Lumajang dan hal itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam operasi keselamatan berlalu lintas yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

"Kami juga membagikan helm kepada pengguna jalan dalam rangka operasi keselamatan dengan memberikan imbauan kepada masyarakat yang tidak menggunakan helm dan kegiatan itu juga untuk menyadarakan masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara," katanya.

Arsal mengatakan masyarakat sering mengabaikan penggunaan helm, sehingga Polres Lumajang membagikan helm gratis kepada pengendara yang tidak menggunakan helm dan diharapkan masyarakat akan tergugah untuk peduli terhadap keselamatan mereka masing masing.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri mengatakan operasi keselamatan yang digelar Satlantas Polres Lumajang lebih mengutamakan edukasi daripada tindakan represif.

"Operasi yang kami laksanakan bersifat edukatif kepada masyarakat, sehingga kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih mematuhi peraturan dalam berkendara. Perlengkapan 'safety' dalam berkendara pun juga murni merupakan kebutuhan para pengendara," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019