Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunggah karikatur dirinya ala Captain Marvel bertema “Avangers: Endgame” di akun instagram pribadi miliknya @khofifah.ip pada Minggu pagi.

Captain Marvel merupakan karakter paling kuat dalam film karya sutradara Russo Brothers yang diperankan Brie Larson tersebut.

Namun demikian, Khofifah tampak sedikit menggubah warna kostum menjadi merah putih sesuai warna bendera Indonesia, lengkap dengan lambang burung garuda di bagian dada.

"Siap bergabung bersama Gundala Putra Petir, Gatot Kaca, Godam, Wiro Sableng, Saras 008, Volt, Panji Manusia Millenium, dan kawan-kawan lain di Avangers versi kearifan lokal melawan Thanos !,” tulisnya di caption.

Dalam karikatur tersebut, Khofifah tampak tengah terbang di atas bumi dengan memancarkan energy blast dari seluruh anggota tubuhnya. Meski berpakaian bak superhero, Khofifah terlihat tetap tampil anggun dengan jilbab dan senyum khasnya. 

Di bawah karikatur tersebut, Khofifah mengganti tulisan Marvel Studios dengan tagline miliknya Jatim Cettar, namun dengan jenis huruf khas Marvel Studios.

Khofifah juga memperingatkan agar Thanos tidak datang ke Indonesia dan membuat keonaran mengingat Indonesia memiliki dan menyimpan kekuatan dahsyat berupa Infinity Stones yang terdiri dari Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. 

"Jangan harap ‘Mad Titan’ tersebut bisa menyerang dan membuat kekacauan, apalagi sampai melakukan genosida terhadap populasi rakyat Indonesia. Sampaikan pesan saya kepada Thanos, Indonesia adalah negara kuat dan tidak akan pernah bubar karena memiliki Infinity Stones," tulisnya.

Unggahan tersebut menuai banyak komentar positif dan dinilai mampu mengkomunikasikan pesan-pesan kebangsaan, namun dengan cara yang tidak kaku.

"Menyampaikan jati diri sebagai bangsa dan negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat dengan 4 pilar PBNU = Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 45 dgn narasi cerita dan kemasan milenial diera digital.. kereen, mbois..bu,” kata akun @rasyid1047.  

Selama ini Khofifah dikenal cukup aktif di media sosial dan memiliki lebih dari 202 ribu pengikut di instagram. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019