Beragam cara masyarakat menggelar ritual guna memperoleh keselamatan sebelum melaksanakan tradisi petik laut di Situbondo, Jawa Timur, yaknj menggelar ritual "pojien" atau pujian kepada Sang Pencipta yang dilakukan masyarakat pesisir.

"'Pojien' sebelum melaksanakan tradisi petik laut pada malam hari ini merupakan tradisi masyarakat pesisir Dusun Kampung Blekok, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Tujuannya memohon keselamatan dan keberkahan acara petik laut besok," kata Maryoto, warga Kampung Blekok, Situbondo, Jumat malam.

Ia menjelaskan bahwa dilaksanakannya ritual sehari sebelum tradisi petik laut dan melarung sesaji di tengah laut ini merupakan tradisi warisan dari leluhur (nenek moyang) dan hingga saat sekarang terus dilestarikan.

Selain berharap keselamatan dan keberkahan-Nya, tradisi petik laut yang akan dilaksanakan pada Sabtu (20/4/19) bertujuan agar para nelayan di desa setempat memperoleh tangkapan ikan yang cukup.

"Ritual pojien ini dilakukan oleh belasan orang yang selama ini fasih membaca kalimat pujian-pujian menggunakan bahasa Madura," ujarnya.

Sekitar 20 orang masyarakat di kawasan Ekowisata Kampung Blekok ini membacakan pojien secara bersama-sama sembari melakukan gerakan-gerakan tubuh tradisi mereka.

Ritual pojien sebelum melaksanakan tradisi petik laut ini menjadi kegiatan rutin tahunan dan bahkan dalam satu tahun bisa dilaksanakan dua kali, dengan harapan masyarakat desa setempat mendapat keselamatan dam keberkahan.

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019