Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana bersama keluarganya mengenakan kemeja putih pada saat menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 dengan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara 27, kompleks Pakuwon City, Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Kota Surabaya, Jatim, Rabu.

Kedatangan Whisnu ke TPS 27 ditemani istrinya, Dini Syafariah Endah, serta tiga anaknya yang sudah memiliki hak suara yakni Maheswari Laskmi Buana Putri, Muhammad Raihan Sjahputra serta Aura Dewangga Buana Putra.

Mereka tampak kompak pada saat datang ke TPS dengan mengenakan kemeja putih. "Kami memakai baju putih, seperti seruan Pak Jokowi dan K.H Ma'ruf Amin," katanya.

Ketua DCPDI Perjuangan Kota Surabaya itu kemudian mengikuti prosesi pendaftaran dan dilanjutkan dengan pencoblosan di TPS. Usai mencoblos, Whisnu mencelupkan satu jari ke tinta sebagai penanda bahwa telah menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Hal ini berbeda dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama keluarganya yang mengenakan baju batik pada saat menggunakan hak pilihnya di TPS 001, RW 06, Kelurahan Jajartunggal, Kecamatan Wiyung, Surabaya.

Whisnu sebelumnya menginstruksikan kepada kader dan pengurus PDI Perjuangan di Surabaya untuk mengawal rekapitulasi suara,  menjaga kotak-kotak suara mulai di tempat pemungutan suara, kantor kelurahan, kecamatan hingga KPU setempat.

"Jangan ada sedikit pun tindakan ilegal oleh tangan-tangan gelap yang berusaha mengubah hasil Pemilu 2019. Kader PDI Perjuangan akan menjaga mulai TPS, kantor kelurahan, bahkan tidur di kantor-kantor kecamatan, sampai rekapitulasi suara selesai," katanya.

Menurut dia, pada Pemilu 2019, PDI Perjuangan berkepentingan agar pesta demokrasi berlangsung murni. Kepentingan itu didasarkan posisi PDI Perjuangan sebagai peserta Pemilu Legislatif, maupun sebagai parpol pengusung pasangan Capres Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

"Biarlah suara rakyat, sungguh-sungguh menjadi jelmaan suara Tuhan. Semaksimal mungkin harus dijaga, Pemilu 2019 bersih dari kecurangan dan penyelewengan," kata Whisnu.

Diketahui ada sebanyak 2.131.756 warga Kota Surabaya yang terdiri pemilih laki-laki berjumlah 1.090.234 pemilih dan perempuan berjumlah 1.090.234 pemilih menggunakan hak pilihnya dalam  Pemilu kali ini. (*)


 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019