Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Jawa Timur, Sabtu, memberangkat sebanyak 31 armada untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di wilayah itu.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif di Sampang, Sabtu, menjelaskan bahwa distribusi logistik dari Gedung Goor Indor Jalan K.H. Wahid Hasyim ke 186 desa/kelurahan dan 3.690 TPS.

"Logistik itu meliputi kotak suara, surat suara, dan berbagai kebutuhan logistik pemilu, seperti tinta dan alat tulis lainnya," kata Syamsul.

Distribusi logistik pemilu itu akan berlangsung selama 3 hari, mulai Sabtu hingga 15 April 2019.

"Pengiriman logistik pemilu ini kami ambil wilayah terjauh dahulu. Pada hari ini ada empat kecamatan, yaitu Sokobanah, Karang Penang, Kedungdung, dan Robatal," katanya.

Distribusi logistik ke kecamatan lainnya secara bertahap. Untuk distribusi logistik ke Pulau Mandangin Sampang dijadwalkan pada hari Senin (15/4).

"Besok, yakni pada tanggal 14 April 2019, sasaran distribusi untuk wilayah Banyuates dan Ketapang," kata Syamsul.

Dalam pengiriman logistik tersebut, katanya lagi, seluruh surat suara sudah dimasukkan dalam kotak suara yang tersegel. Segel kotak suara baru bisa dibuka pada saat hari-H pemilihan oleh petugas di masing-masing TPS dengan disaksikan seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan pemilu di TPS.

"Terkait dengan permohonan pergantian kekurangan surat suara karena ada yang rusak itu sudah terpenuhi hanya tinggal sedikit sekitar ratusan, insyaallah, besok diambil, masih dalam proses," terangnya.

Di sisi lain, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pengiriman kotak suara dan seluruh logistik pemilu mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Demikian pula saat masih tersimpan di PPK serta distribusi ke PPS dan TPS.

"Jadi, strategi pengamanan distribusi logistik pemilu ini setiap truk ada satu petugas," kata Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman.

Pelepasan logistik pemilu secara simbolik dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Sampang Syamsul Muarif. Acara ini dihadiri Ketua Bawaslu Insiyatun, Kapolres dan Dandim 0828 Sampang. ***2***

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019