Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur, Jumat, mulai mendistribusikan logistik Pemilu 17 April 2019 ke masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) di wilayah itu.

Menurut Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, pendistribusian ini akan berlangsung hingga 15 April 2019 ke masing-masing kecamatan, dan distribusi ke tingkat desa diharapkan selesai pada H-1 pemilu.

"Logistik yang kita distribusikan adalah semua jenis, seperti kotak suara, surat suara, bilik suara, alat coblos, dan berbagai jenis kelengkapan lainnya," kata Hamzah.

Pendistribusian ini dikawal ketat aparat keamanan dari jajaran Polres Pamekasan dan Kodim 0826 Pamekasan.

"Hari ini, jadwalnya ke pantura, yakni Kecamatan Batumarmar, Pasean, Waru, dan Pakong. Jumlahnya sesuai banyaknya DPT," kata Hamzah.

Hamzah menjelaskan, wilayah pantura sengaja menjadi sasaran distribusi logistik pertama, karena selain lebih jauh, medannya juga lebih sulit.

"Hari kedua adalah untuk kecamatan lain yang lebih dekat. Yang jelas, target selesai dari KPU ke PPK pada tanggal 14 April," katanya menjelaskan.

Menurut Hamzah, jumlah kotak suara yang dibutuhkan pada pelaksanaan pemungutan suara 17 April 2019 sebanyak 15.665 kotak suara.

"Jumlah kebutuhan kotak suara ini, didasarkan pada jumlah tempat pemungutan suara (TPS)," katanya.

Ia menjelaskan, jumlah TPS pada pelaksanaan pemungutan suara kali ini sebanyak 3.133 TPS, tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan.

Sedangkan, sambung dia, kebutuhan kotak suara di masing-masing TPS sebanyak 5 kotak, yakni kotak suara untuk pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Jatim dan DPRD kabupaten.

"Maka, kalau kita total jumlah kebutuhan kotak suara sebanyak 15.665 kotak suara," katanya.

Sedangkan, sambung dia, kebutuhan bilik suara di masing-masing TPS masing-masing sebanyak empat bilik, sehingga jumlah total kebutuhan bilik suara nanti sebanyak 12.532 bilik suara.

Hamzah menargetkan, partisipasi pemilih pada pemilu serentak 17 April 2019 kali ini meningkat tajam dari pemilu kepala daerah yang digelar sebelumnya

"Dulu saat pilkada, partisipasi pemilih di Pamekasan ini sebesar 74,35 persen dari total jumlah pemilih," katanya.

Pada pemilu kali ini, sambung Hamzah pihaknya menetapkan target maksimal, yakni 90 persen dari total jumlah DPT.

Sementara itu, jumlah pemilih di Kabupaten Pamekasan untuk Pemilu 17 April 2019 sebanyak 706.753 orang, terdiri atas pemilih laki-laki dan perempuan, dan jumlah ini tersebar di 3.313 tempat pemungutan suara di 178 desa dan 11 kelurahan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019