Suporter Arema FC, Aremania, berkomitmen menjaga kondusivitas saat pertandingan final kedua Piala Presiden 2019 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 12 April.

Koordinator lapangan Aremania, Ahmad Gozali, saat pertemuan dengan jajaran Polda Jatim di Surabaya, Senin, mengatakan bahwa Aremania bersama pihak kepolisian sepakat menjaga kondusivitas agar sepak bola menjadi hiburan bagi masyarakat.

"Tentunya adalah bagaimana kami menciptakan keamanan, dimulai dari kami sendiri Aremania. Kami sudah menggandeng semua komponen yang terkait dalam keterlibatan pertandingan yang rencananya akan dihadiri RI 1," kata Gozali.

Gozali berjanji saat pertandingan nanti Aremania akan lebih menonjolkan kreativitas untuk menunjukkan bahwa mereka adalah suporter yang cinta damai dan menjadi pelopor kemajuan suporter di Indonesia.

"Kami mulai menuju taraf pendewasaan meskipun banyak tudingan-tudingan yang ditujukan ke Aremania itu sangat minor, tapi kami adalah pelopor suporter," ujarnya.

Mengenai jaminan untuk tidak ada kerusuhan saat pertandingan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin dengan menyosialisasikannya kepada Aremania. Menurutnya, kalah menang dalam pertandingan adalah suatu yang biasa.

"Intinya kita bisa menjaga kotanya masing-masing. Dalam hal ini mungkin teman Arema sudah terpatri jiwanya no anarkis no ribut. Yang terpenting adalah kebersamaan untuk menciptakan sesuatu keamanan yang kondusivitas," ucapnya.

Dia mengimbau Aremania untuk tidak hadir pada final pertama di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (9/4), sesuai perjanjian yang telah disepakati Aremania dengan Bonek di Polda Jatim tahun 2006.

"Teman-teman Aremania tidak usah datang ke Surabaya. Saya juga minta Bonek untuk tidak ke Malang. Yang telah kita tandatangani pada 2006 untuk diterapkan," kata dia.

Baca juga: Polda Jatim terjunkan 3.500 personel amankan Persebaya vs Arema FC (Video)
Baca juga: Polrestabes Surabaya siapkan rantis untuk pemain Arema FC
Baca juga: Hadapi final Piala Presiden, Bonek komitmen tak rasis dan lebih kreatif dukung Persebaya

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019