Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo terus mempercepat proses distribusi kelengkapan surat suara ke masing-masing kecamatan  mengingat pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu)  sudah dekat. 

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, M Zainal Abidin di Sidoarjo, Kamis mengatakan, sampai dengan saat ini pihaknya masih menunggu kekurangan surat suara sekitar tiga ribuan dari jumlah total sebanyak tujuh jutaan surat suara.

"Hingga saat ini masih terfokus pada pendistribusian alat kelengkapan seperti surat suara, kotak suara dan alat-alat kelengkapan lain. Mengingat, pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI serta Legislatif akan digelar pada 17 April 2019," jelasnya.

Ia mengemukakan, kelengkapan surat suara memang sangat dibutuhkan sebelum pelaksanaan pemilu dan pihaknya tetap berkoordinasi penyelenggara baik di tingkat provinsi maupun di tingkat pusat, sehingga, pelaksanaan pemilu berjalan aman, lancar dan damai.

"Maksimal tanggal 15 April 2019 sudah harus didistribusikan ke masing kecamatan, dan kemudian dilanjutkan hingga ke tingkat PPS masing-masing sembari kami melakukan persiapan lain untuk progres pelaksanaan pemilu," tambahnya.

Ia meyakini jika pelaksanaan pemilu presiden tahun ini akan berjalan lancar, terlihat dari kebutuhan yang sudah berjalan normal tanpa ada kendala yang signifikan.

"Hanya surat-surat saja yang belum, kalaupun nanti kekurangan surat suara sudah sampai baru kami distribusikan. Yang lain-lain tidak ada kendala," katanya.

Saat ini, tambah dia berdasarkan jumlah DPT sebanyak 1.397.570, akan menerima sebanyak 7.134.614 surat suara, yang terbagi lima kategori yakni surat suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota.

"Nantinya, surat suara tersebut akan didistribusikan ke 5.579 TPS yang ada di 349 desa, 18 Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo," katanya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019