Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai mendistribusikan surat suara pemilihan umum 2019 secara bertahap ke-31 kecamatan mulai Kamis ini hingga Minggu (8/3) mendatang.    

"Kalau hari ini, kami mendistribusikan surat suara ke delapan kecamatan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya Nur Syamsi kepada Antara di Surabaya, Kamis.

Adapun delapan kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Wonokromo, Bulak, Gunung Anyar, Mulyorejo, Gayungan, Dukuh Pakis, Benowo dan Sambikerep. 

Menurut dia, jumlah kertas suara yang dikirim tersebut sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) hasil perbaikan sebanyak 2.134.454 pemilih ditambah 2 persen dari DPT untuk masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan TPS di 31 Kecamatan Suara sebanyak 8.146 TPS.

"2 persen itu untuk cadangan surat suara yang rusak atau salah coblos," katanya.

Nur Syamsi mengatakan surat suara tersebut sebagian besar di simpang di gudang atau tempat penyimpanan yang ada di tiap-tiap kantor kecamatan. Meski demikian, lanjut dia, ada empat kantor kecamatan yang gudangnya tidak mampu menampung surat suara sehingga harus dipindah ke gudang lain.

Empat kantor kecamatan yang tidak mampu menampung surat suara meliputi Kecamatan Wonokromo yang dialihkan ke Gelora Pancasila, Kecamatan Tambaksari dialihkan ke gedung PKK Tambaksari, Kecamatan Sawahan dialihkan Balai RW di Kupang Timur dan Kecamatan Semampir dialihkan ke aula Kelurahan Sidotopo dan Ampel.

Mengenai keamanan surat suara, Nur Syamsi menegaskan bahwa KPU Surabaya sudah bekerja sama dengan pihak Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk membantu mengamankan selama proses Pemilu 2019, termasuk keamanan surat suara.  

"Prinsipnya kita berkoordinasi dengan pihak keamanan, mungkin ada yang langsung dikawal terus, disegel dan ada yang menjaga dari petugas keamanan," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019