Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menempel ketat rekan satu timnya, Valtteri Bottas, dengan selisih satu poin di klasemen pebalap Formula seusai menjuarai GP Bahrain pada Minggu malam waktu setempat.

Bottas, yang mengantongi poin penuh ditambah poin tambahan karena mencetak waktu putaran tercepat di GP Australia masih memimpin klasemen dengan 44 poin, demikian laman resmi Formula 1 pada Senin pagi.

Pebalap Red Bull Max Verstappen menguntit duo Mercedes di tempat ketiga dengan mengemas 27 poin.

Pebalap Ferrari Charles Leclerc harus merelakan mimpinya untuk meraih podium pertama di GP Bahrain usai mengalami masalah mesin di 10 lap terakhir dan hanya mampu finis di P3.

"Sangat disayangkan bagi Charles," kata Hamilton usai lomba.

"Dia membalap dengan sangat baik. Kami masih memiliki banyak pekerjaaan yang harus dilakukan untuk unggul dari mereka," kata Hamilton, yang memeluk Leclerc ketika keluar dari mobil balapnya.

Satu-satunya hiburan bagi Leclerc, yang bisa saja menjadi pebalap Ferrari termuda yang menjuarai GP di balapan keduanya, adalah tambahan satu poin karena mencetak waktu lap tercepat di balapan.

Pebalap asal Monako itu mengemas 26 poin di P4, unggul empat poin dari rekan satu timnya Sebastian Vettel yang berada di P5.

Leclerc bisa saja menjadi pebalap termuda Ferrari yang mengawali balapan dari pole position dan finis pertama jika saja tidak kehilangan tenaga mesin mobil SF90-nya di Sirkuit Sakhir.

"Sayang hanya finis di tempat ketiga, tapi ini adalah bagian dari balapan dan kami akan kembali dengan lebih kuat."

Trofi juara di GP Bahrain menjadi kemenangan ke-74 bagi Hamilton di karir balapannya namun kali pertama baginya di musim ini.
Hamilton terpaut 17 gelar juara balapan dari pemegang rekor juara balapan terbanyak sepanjang sejarah, Michael Schumacher, yang mengantongi 91 kemenangan.

Di papan tengah, Kimi Raikkonen memimpin dengan mobil Alfa Romeo di peringkat enam dengan 10 poin, diikuti oleh Lando Norris dengan mobil McLaren bermesin Renault dan Kevin Magnussen dari Haas dengan sama-sama mengemas 8 poin.

Nico Hulkenberg mengantongi enam poin bagi Renault di P9 untuk unggul dua poin dari Pierre Gasly dari tim Red Bull Racing.

Lance Stroll (Racing Point) dan Alexander Albon (Toro Rosso) mengamankan dua poin sementara Danill Kvyat (Toro Rosso) dan Sergio Perez (Racing Point) dengan masing-masing satu poin.

Klasemen sementara pebalap F1 usai GP Bahrain
1    Valtteri Bottas  FIN    Mercedes   44
2    Lewis Hamilton GBR  Mercedes 43
3    Max Verstappen NED  Red Bull Racing Honda  27
4    Charles Leclerc  MON  Ferrari 26
5    Sebastian Vettel GER  Ferrari 22
6    Kimi Rikknen FIN Alfa Romeo Racing Ferrari 10
7    Lando Norris  GBR    McLaren Renault  8
8    Kevin Magnussen  DEN Haas Ferrari 8
9    Nico Hulkenberg GER Renault  6
10    Pierre Gasly  FRA Red Bull Racing Honda 4
11    Lance Stroll CAN Racing Point BWT Mercedes 2
12    Alexander Albon THA Scuderia Toro Rosso Honda 2
13    Daniil Kvyat  RUS Scuderia Toro Rosso Honda 1
14    Sergio Perez MEX Racing Point BWT Mercedes 1
15    Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Ferrari 0
16    George Russell GBR Williams Mercedes 0
17    Robert Kubica POL    Williams Mercedes 0
18    Daniel Ricciardo AUS Renault 0
19    Carlos Sainz ESP McLaren Renault  0 (*)

 

Pewarta:  Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019