PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mempromosikan kopi lokal kepada masyarakat dan penumpang kereta api yang berada di Stasiun Jember dan penumpang KA Ranggajati dengan membagikan ribuan cangkir  kopi secara gratis dalam rangkaian acara "Ngopi Bareng KAI #3" bertema "Enjoy Your Journey With Indonesian Coffe" pada 11-12 Maret 2019.

"Masyarakat dan penumpang kereta api dapat menikmati kopi gratis yang kami siapkan sebanyak 2.000 cup selama 2 hari pelaksanaan baik di stasiun maupun di atas kereta api," kata Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Joko Widagdo di Jember, Selasa.

Selain di Stasiun Jember, lanjut dia, pembagian kopi gratis juga dibagikan kepada penumpang KA Ranggajati relasi Jember - Cirebon pada tanggal keberangkatan 11-12 Maret 2019. 

"Masyarakat dan penumpang kereta api yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstal dan terdaftar di ponselnya masing-masing kepada petugas di area festival yang berada di Stasiun Jember dan KA Ranggajati," katanya.

Ia menjelaskan KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara dan merangkul 200 barista lokal profesional yang akan meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan di kereta api jarak jauh dan menengah di wilayah Daop 9 Jember.

"Ngopi Bareng itu merupakan wujud dukungan KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia, sehingga diharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan edukasi serta wawasan seputar kopi Nusantara dan mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas," tuturnya.

Sementara Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif mengatakan pembagian kopi secara gratis tersebut mengacu pada antusiasme masyarakat terhadap gelaran festival Ngopi Bareng KAI jilid 1 dan 2 pada tahun 2018 yang sangat tinggi, sehingga PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menggelar acara serupa dengan tagline Ngopi Bareng KAI #3 - Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee. 

"Pada Ngopi Bareng KAI jilid 2 tahun lalu, KAI mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai pemrakarsa dan penyelenggaraan pembagian kopi terbanyak di kereta api dan stasiun," katanya.

Selain di Stasiun Jember, lanjut dia, masyarakat dan penumpang kereta api dapat menikmati kopi gratis yang disiapkan di 17 stasiun yang tersebar di 15 kota dan di 36 nama rangkaian KA yang disediakan kopi gratis di atas kereta.

"Belasan stasiun itu yakni Stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Palembang, Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Jember, Medan, Padang, dan Tanjung Karang," ujarnya.

Luqman mengatakan antusias masyarakat untuk mendapatkan kopi gratis cukup tinggi selama dua hari pelaksanaan "Ngopi bareng KAI #3" di wilayah Daop 9 Jember sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan, sehingga diharapkan penumpang kereta api semakin mencintai kopi lokal karena Jember merupakan salah satu kabupaten yang memiliki kualitas kopi yang terbaik. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019