Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menginstruksikan pelipatan dan penyortiran kertas suara untuk Pemilihan Umum 17 April 2019 segera dilakukan meski belum seluruhnya lengkap.

“Yang sudah datang harus disortir dan dilipat tanpa harus menunggu lengkap dulu,” ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa hingga saat ini logistik untuk Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden hampir semuanya sudah sampai di gudang KPU kabupaten/kota se-Jatim.

Namun, diakuinya surat suara belum lengkap 100 persen karena masih dalam tahap proses pencetakan kendati telah ada jaminan selesai sesuai jadwal.

“Pengadaannya se-Indonesia dan prosesnya melalui KPU RI, jadi tidak harus khawatir dan harus dilipat serta disortir tanpa menunggu lengkap. Nanti kalau sudah datang, menyusul pelipatan dan penyortirannya,” ucapnya.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa kotak suara serta bilik suara telah rampung 100 persen sehingga tidak ada kendala dan siap digunakan.

Sementara itu, khusus formulir dan sampul juga belum selesai karena sebagian masih ada yang dalam proses pengadaan melalui LPSE maupun e-katalog.

Ia memisalkan, sampul surat suara yang awalnya diadakan dua lembar per TPS, kini ada perkembangan dari KPU RI agar dilengkapi menjadi tiga sampul untuk sampul kubus sehingga harus dilakukan proses pengadaan.

“Kami sudah melalukan proses pengadaannya melalui e-katalog dan yakin selesai sesuai waktu ditentukan,” kata mantan komisioner KPU Kota Surabaya tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019