Malang (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, pada Kamis (21/2) mulai mendistribusikan kotak dan bilik suara ke lima kecamatan yang ada di wilayah Kota Malang secara bertahap selama tiga hari.

Koordinator Gudang Logistik KPU Kota Malang Suyadi mengatakan, proses distribusi yang dilakukan pada saat ini, baru untuk dua kecamatan, yakni, Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Sementara pada hari berikutnya akan didistribusikan untuk dua kecamatan lainnya.

"Proses pengiriman langsung dari Gudang Logistik KPU Kota Malang. Hari ini untuk Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Kedungkandang, dan sisanya besok," kata Suyadi, di Kantor Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Kamis.

Kotak dan bilik suara tersebut, disimpan di Aula Kantor Kecamatan Blimbing. Tempat itu dipilih karena memperhitungkan beberapa hal penting, utamanya terkait keamanan, seperti gangguan dari luar, sampai potensi bocor di gudang pada saat hujan deras.

Di Aula Kantor Kecamatan Blimbing tersebut, akan dilakukan proses penjagaan oleh para pemangku kepentingan seperti pihak kepolisian, aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI), termasuk dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang.

"Nanti akan ada penjagaan dari Polsek, TNI, dan Satpol PP. Nantinya, kotak dan bilik suara itu akan dirakit di tiap-tiap kecamatan," kaya Suyadi.

Tercatat, kebutuhan kotak suara untuk Kecamatan Blimbing sebanyak 2.557 buah, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) tercatat sebanyak 508 lokasi. Masing-masing TPS, membutuhkan lima kotak suara pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Untuk kebutuhan bilik suara, pada masing-masing TPS akan diberikan empat bilik suara, sehingga jumlah yang dibutuhkan sebanyak 2.032 bilik suara.

Sementara untuk Kecamatan Kedungkandang, tercatat ada 530 TPS, dengan kebutuhan kotak suara sebanyak 2.667 buah, dan bilik suara sebanyak 2.120 buah.

Tercatat, untuk kebutuhan surat suara di Kota Malang, mencapai 628.531 pemilih, yang termasuk pemilih hasil dari pendataan pindah pilih sebanyak 5.931 orang. Dari total tersebut, masih ada kemungkinan untuk meningkat, karena KPU Kota Malang masih membuka pendataan pindah pilih tahap kedua.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019