Surabaya (Antaranews Jatim) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan lebih dari seribuan startup akan muncul di tahun 2019.

"Pada tahun 2018 total ada 956 startup, harapannya di tahun 2019 akan lebih dari seribu. Itu target Presiden Joko Widodo. Startup diharapkan muncul dari mahasiswa, dosen dan juga masyarakat," kata Menristekdikti saat meresmikan Gedung Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dan Laboratorium Pertanian di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur, di Surabaya, Selasa.

Nasir mencontohkan, salah satu startup yang bisa dikembangkan mahasiswa atau dosen adalah sistem pengawetan makanan tanpa bahan kimia.

Dirinya berharap, dari FIK UPN Jatim menjadi embrio pendekatan di bidang teknologi informasi seperti halnya artificial intelligence (AI). Selain itu, "cloud computing", big data dan teknologi cerdas bisa dikembangkan.

"Oleh karena itu FIK adalah embrio yang menghasilkan industri untuk startup," katanya.

Dua gedung yang diresmikan di UPN Jatim itu, juga selaras dengan program Presiden Joko Widodo di tahun 2019 yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM). Seperti peningkatan infrastruktur, mahasiswa dan juga dosen.

Nasir mengungkapkan, guna tercapainya target Presiden Jokowi, ke depan mahasiswa akan didorong untuk dilibatkan dalam proses penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya penelitian yang bisa menghasilkan inovasi.

Nantinya, ide bisa dari dosen, sementara mahasiswa diajak kolaborasi dalam praktik atau uji lapangan. Sehingga mahasiswa bisa menghasilkan tugas akhir, dosen menghasilkan publikasi dan inovasi.

"Mahasiswa bisa mendapatkan keahlian dalam bidangnya sesuai dengan ilmu yang digeluti," ujarnya.

Sementara itu, Rektor UPN "Veteran" Jawa Timur Prof Dr Akhmad Fauzi mengatakan diresmikannya gedung 24 ruangan itu dapat menjadi pengembangan teknologi informasi.(*)

Video Oleh Willy Irawan
 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019