Pasuruan (Antaranews Jatim) - Calon Wakil Presiden Republik Indonesia Sandiaga Uno menyerap aspirasi peternak sapi perah dan petani apel di Pasuruan Jatim dan menyatakan fokus utama pasangan Prabowo Sandi adalah ekonomi.

"Menggerakkan ekonomi Indonesia melalui pengusaha kecil dan menengah. Juga mensejahterakan nelayan, petani, peternak dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia," katanya saat bertemu dengan peternak di Pasuruan, Selasa.

Melalui keterangan tertulisnya dia mengatakan, meski harga susu stabil tapi biaya operasional naik mulai dari listrik hingga pakan ternak, sehingga keuntungan yang diperoleh juga turun.

Sebelumnya, Dahlan Peternak Sapi Perah, berharap jika Sandiaga Salahuddin Uno menjadi wakil presiden 2019-2024 dapat meningkatkan. kesejahteraan para peternak.

Menurut Dahlan, meski harga susu stabil, namun kebutuhan lainnya terus naik sehingga keuntungan yang diperoleh tidak meningkat.

"Seandainya bapak jadi (Wapres 2019-2024), tolong perhatikan nasib para peternak sapi perah ini. Harga susu memang stabil, tapi harga operasional tinggi. Dan kami berharap bapak bisa memberikan subsidi pangan ternak," ujarnya.

Hal yang sama dikemukakan oleh Rini, anggota Koperasi Peternak Sapi Perah (KPSP) yang berharap ada pemberdayaan ekonomi emak-emak terhadap produk turunan susu.

"Kami dari Ibu-ibu juga ingin menunjang ekonomi produk olahan susu yang bisa mengangkat ekonomi rumah tangga para peternak, bagaimana menjual produk olahan susu yang laku di pasar- pasar besar," tanya Rini.

Sandiaga Salahuddin Uno ketika berada di Pasuruan menyatakan kagum dengan semangat emak-emak yang masih berusaha meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga melalui  usaha rumahan.

"Kita lihat semua di sini berusaha untuk memperbaiki kehidupan ekonominya. Kondisi ekonomi negara yang sulit tidak membuat mereka menyerah, karena ada semangat perubahan 2019," katanya di Roemah Djoeang di Perum Batumas Petungasri, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019