Banyuwangi (Antaranews Jatim) - Menteri BUMN Rini M Soemarno memborong oleh-oleh di gerai Osing Deles, usai menghadiri dan ikut berlari di ajang olahraga wisata lomba lari lintas alam (Chocolate Glenmore Run) yang menyusuri kebun kakao di Perkebunan Kendeng Lembu PTPN XII Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

Di toko yang menjual berbagai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khas Banyuwangi ini, Menteri Rini dan sejumlah Direksi BUMN memborong makanan ringan seperti sale pisang, bolu kuwuk dan keripik pisang.

"Ini kemasannya bagus, saya mau beli keripik pisang ini, menarik kemasannya (packaging-nya)," kata Menteri Rini.

"Iya Bu, kemasan ini difasilitasi Dinas Koperasi UKM lewat Rumah Kreatif UMKM, anak-anak muda di sana membantu mendesain dan memasarkan produk UMKM," jawab Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang mendampingi Menteri BUMN.

Tak hanya berbelanja makanan, Menteri Rini juga membeli kaos khas Osing Deles yang berada di lantai satu gerai tersebut dan Rini mengaku tertarik dengan tulisan di kaos berupa permainan kata yang menggunakan bahasa lokal setempat, yakni bahasa Osing masyarakat asli di Banyuwangi.

"Gerai ini dulu 2013 cuma punya tiga karyawan, sekarang sudah mempekerjakan 100 karyawan seiring perkembangan wisata Banyuwangi yang terus maju juga antara lain karena dukungan BUMN," ujar Anas kepada Menteri Rini dan sejumlah Direksi BUMN.

Bupati Anas juga mengajak Menteri Rini beserta jajaran BUMN untuk intens membikin kegiatan di Kabupaten Banyuwangi, baik untuk rapat kerja, "gathering" karyawan, "customer gathering" maupun kegiatan BUMN lainnya.

"Ke Banyuwangi sudah mudah dari Jakarta karena ada penerbangan langsung. Jadi, bapak/Ibu mari bawa kegiatan-kegiatan BUMN ke Banyuwangi, hotel-hotel berbintang juga sudah siap, Ballroom-nya besar," kata Bupati Anas mempromosikan Banyuwangi kepada sejumlah direksi BUMN.

Tak puas membeli oleh-oleh, Menteri Rini langsung menuju lantai dua untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Banyuwangi, Rini tampak juga memesan es kopi Banyuwangi. Sambil minum es kopi, Menteri Rini juga menikmati sejumlah camilan ringan khas Banyuwangi.

Tampak hadir sejumlah direksi BUMN, diantaranya Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmojo, Dirut PTPN III Dolly Pulungan, Dirut PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat, Dirut PTPN XII Cholidi, Dirut Perhutani Denaldy Maunda, Dirut PTPN XI Gede Meivera dan sejumlah direksi lainnya.(*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019