Banyuwangi (Antaranews Jatim) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menghadiri dan melepas lomba lari lintas alam (Chocolate Glenmore Run) di Doesoen Kakao, Perkebunan Kendeng Lembu, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

Menteri BUMN dalam sambutannya  menyatakan mendukung kegiatan "Chocolate Glenmore Run" yang merupakan ajang lomba lari lintas alam di perkebunan kakao (bahan cokelat) di wilayah selatan kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini.

"Kami (BUMN) sangat mendukung, di sini semua hadir ada perbankan, perkebunan, kehutanan. Mendukung program Pemkab Banyuwangi, agar Banyuwangi makin cantik dan sehingga menjadi tujuan wisata nusantara maupun internasional dan semakin terkenal di dunia," kata Menteri BUMN Rini Soemarno sebelum melepas peserta lomba lari lintas alam di Dosoen Kakao Perkebunan Kendeng Lembu PT Perkebunan Nusantara XII Glenmore, Banyuwangi.

Sementara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan terima kasih kepada Menteri Rini beserta pejabat BUMN lainnya yang mendukung kegiatan "Chocolate Glenmore Run" yang diikuti ribuan peserta lari umum, SMA dan SMP serta peserta dari sekolah dasar.

"Ibu menteri, ini merupakan destinasi baru yang kami kembangkan, dan kegiatan ini bukti bahwa kalau kolaborasi BUMN dengan pemerintah daerah Insha Allah semakin banyak dan cepat yang akan dikerjakan. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengucapkan terima kasih karena Kementerian BUMN cepat merespons membangun destinasi wisata baru di Perkebunan Kakao Glenmore PTPN XII," kata Anas dalam sambutannya.

Dalam pantauan, Menteri Rini dan Bupati Anas melepas peserta lomba lari lintas alam dengan ditandai pelepasan balon ke udara.

Menteri Rini dan Bupati Banyuwangi beserta pejabat BUMN lainnya turut menyusuri perkebunan kakao yang memiliki luas sekitar 1.500 hektare itu.

Lomba lari lintas alam ini melombakan dua kategori, yakni sejauh 5 kilometer dan 10 kilometer dan peserta menyusuri hamparan areal perkebunan kakao dan karet seluas 1.500 hektare.

Selain menjelajahi perkebunan kakao sepanjang rute, para pelari dan pesepeda bisa menikmati kuliner berbahan cokelat yang diolah penduduk setempat.

Tidak hanya ajang "Chocolate Glenmore Run", pada Minggu (17/2) besok juga akan digelar kompetisi sepeda menaklukkan lintasan menantang dalam "Chocolate Happy Cycling" dan pesepeda akan melintasi rute sejauh 20,4 km dengan mengambil lokasi start dan finis yang sama, yaitu di Doesoen Kakao dan dalam kegiatan itu juga dirangkai dengan Chocolate Jazz dan Food Festival.

Kegiatan Glemore Chocolate Festival ini di pusatkan di Doesoen Kakao juga untuk mengenalkan Glenmore sebagai salah satu penghasil kakao terbaik dunia, karena kakao dari perkebunan Glenmore ini telah diekspor ke berbagai penjuru dunia dan menjadi bahan cokelat terbaik di dunia. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019