Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X membagikan sebanyak 254,5 ton bibit unggul dengan nilai subsidi Rp165.470.500 kepada 30 orang petani di 14 desa dan 6 kecamatan di Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro, Jawa Timur.
      
Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman, Rabu mengatakan pembagian bibit ini sebagai pembaharuan varietas dan penanaman ulang/bongkar ratoon, sebab bibit yang ada saat ini di petani sudah mengalami degradasi.

"Adanya pembagian bibit ini diharapkan meningkatkan angka produktivitas, dan subsidi bibit diberikan kepada 30 orang petani yang memiliki luas lahan total 54,7 Hektare," kata Aris, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya.

Ia mengatakan, PTPN X akan terus berupaya melakukan terobosan guna meningkatkan kinerja baik di sisi on farm maupun off farm, dan pembagian bibit dilakukan bagi petani Tebu Rakyat (TR) binaan PTPN X.

Bibit yang dibagikan, kata Aris, merupakan bibit unggul dengan potensi produksi 150 ton per hektar dan potensi rendemen 12 persen, dan merupakan bentuk kepedulian PTPN X kepada petani terkait ketersediaan bibit yang unggul. 

"Nantinya, PTPN X dan petani diharapkan dapat terus bersinergi dalam mencapai kinerja optimal di sisi on farm, dan dengan adanya pembagian bibit varietas unggul akan mampu meningkatkan angka produktivitas," katanya.

Upaya ini, kata Aris, akan berdampak pada penurunan Harga Pokok Produksi (HPP) yang nantinya juga akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan petani. 

“Semoga adanya pembagian bibit ini dapat meningkatkan animo petani untuk menanam tebu dan juga dapat memberikan manfaat baik bagi PTPN X maupun petani," katanya.(*)

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019