Surabaya (Antaranews Jatim) - Calon Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri acara deklarasi dukungan dari Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Jawa Timur di Tugu Pahlawan, Kota Surabaya, Jatim pada 2 Februari 2018.

Ketua Pelaksana Forum Deklarasi Alumni Perguruan Tinggi se-Jatim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Ermawan Wibisono, di Surabaya, Jumat, mengatakan kegiatan deklarasi dukungan yang dihadiri sekitar 15.000 orang tersebut akan dihadiri Capres Jokowi dan tim suksesnya.

"Pak Jokowi dipastikan hadir di acara. Kami saat ini sedang persiapkan hal-hal teknis kemungkinan bermalam di Surabaya," katanya.

Ermawan menyebutkan dalam acara tersebut pihaknya juga mengundang petugas partai dari PDIP Tri Rismaharini untuk melakukan orasi. Panitia Forum Alumni Jatim #01 sudah melayangkan undangan beberapa hari lalu.

"Bu Risma kita undang sebagai alumni ITS," katanya.

Dalam kegiatan deklarasi dukungan pasangan nomor urut 1, sembilan tokoh kampus akan melakukan orasi berkaitan dengan sembilan Nawa Cita Program Jokowi, di antaranya mengenai persiapan SDM menuju Industri 4.0, Women an Children, pemberantasan korupsi dan penguatan ideologi Pancasila dari rongrongan paham-paham radikal.

Ermawan menyebut beberapa tokoh yang berorasi yakni, Mantan Ketua IKA ITS Irnanda Laksanawan, Alumni Unair Eva Kusuma Sundari, Alumni Unibraw Zulham Mubarak.

Tak hanya itu, lanjut dia, tiga tokoh sepuh kampus juga akan dilibatkan, masing-masing, Mantan Rektor ITS Sigit Haryono, Mantan Rektor Ubaya Anton Priyatno dan Tjuk Sukiadi.

"Mereka adalah tokoh-tokoh kampus," katanya.

Ermawan mengungkapkan, khusus Tri Rismaharini kehadirannya ditunggu karena merupakan salah satu tokoh yang fenomenal. Selama Risma menjabat Wali Kota Surabaya banyak prestasi yang diraih dari dalam negeri dan luar negeri, sama halnya dengan Jokowi semasa menjabat Wali Kota Surakarta.

"Kalau Bu Risma dipilih karena fenomenal. Piagam penghargaannya saja sudah tidak ada tempatnya di ruang kerjanya," katanya.

Deklarasi dukungan Forum Alumni Jatim#01 untuk pasangan capres-cawapres Jokowi- Makruf, selain diisi orasi kebangsaan, juga ada beberapa hiburan seperti "flash mob" sumbangan dari alumni SMA se-Jatim. Sedikitnya 200 orang melakukan flash mob.

Flash mob adalah gerakan yang dilakukan sekelompok besar orang asing yang tiba-tiba berkumpul di tempat umum, melakukan hal yang nggak biasa untuk beberapa menit, kemudian membubarkan diri begitu saja. 

Kegiatan ini biasanya diorganisir hanya melalui situs sosial media, email atau media lainnya. 

"Selama dua minggu ini mereka terus berlatih," kata Ermawan.

Ia mengatakan, pada acara dukungan Forum Alumni untuk capres-cawapres, masing-masing alumni mengenakan seragam sendiri-sendiri. Dukungan tersebut atas nama individu para alumni yang mengkonsolidasi mendukung Jokowi-Ma`ruf.

"Alumni dukung orang baik untuk meminpin Indonesia di masa mendatang agar lebih baik lagi," katanya.

Kegiatan dukungan Forum Alumni Jatim untuk capres-cawapres Jokowi-Makruf diselenggarakan di Tugu Pahlawan Surabaya. Kegiatan dimulai Pukul 15.00-17.00 WIB. Dalam acara itu, selain para alumni, beberapa artis ibu kota juga akan ambil bagian ikut meramaikannya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019