Malang (Antaranews Jatim) - Diresmikannya "Rumah Solusi" yang menjadi wadah bagi produk industri rumahan di Kota Malang diharapkan mampu memperkuat peranan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya dalam menghadapi era industri 4.0.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa kehadiran Rumah Solusi yang digagas oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha sektor UMKM untuk memasarkan produk buatannya.

"Untuk produk yang akan masuk ke 'Rumah Solusi', akan dikurasi terlebih dahulu. Karena nantinya akan dipasarkan untuk oleh-oleh khas Kota Malang, ada standardnya," kata Sutiaji, seusai meresmikan Rumah Solusi, di Kota Malang, Kamis.

Selain menjual produk-produk buatan UMKM, lanjut Sutiaji, Rumah Solusi juga menjual barang kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah. Diharapkan, dengan adanya akses barang kebutuhan pokok harga murah tersebut, bisa menjadi solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Menurut Sutiaji, transaksi yang dilakukan di Rumah Solusi juga didorong tidak menggunakan uang tunai, untuk memperkenalkan teknologi informasi bagi Kelompok PKK Kota Malang. Penerapan sistem tersebut, Rumah Solusi telah menggandeng beberapa bank yang ada di wilayah Kota Malang.

"PKK itu usianya boleh tua-tua, tapi mau tidak mau, karena sudah Malang 4.0 harus diperkenalkan dengan dunia IT," kata Sutiaji.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Widayati mengatakan bahwa Rumah Solusi merupakan tempat bagi produk-produk buatan UMKM Kota Malang, khususnya untuk hasil industri rumah tangga, mulai dari makanan olahan hingga produk kerajinan.

"Rumah Solusi sebagai wahana penguatan UMKM di Kota Malang, dengan fokus pada pengembangan sektor ekonomi riil yang digerakkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah," kata Widayati.

Meskipun sektor ekonomi riil tersebut digerakkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, lanjut Widayati, namun, tetap menggunakan pola manajemen milenial, atau sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini, dan juga berbasis inovasi.

Rumah Solusi merupakan sarana pembelajaran bagi UMKM Kota Malang untuk membuka akses pasar. Diharapkan, dengan adanya wadah tersebut, bisa menaikkan status UMKM itu sendiri, dan mampu bersaing pada pasar yang kondisinya semakin dinamis.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019