Malang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Malang menyatakan bahwa gelaran "Festival Anak Cinta Pantai" diharapkan mampu mempromosikan potensi wisata yang ada di wilayah tersebut, di mana potensi wisata pantai khususnya di Malang Selatan masih sangat terbuka.

Wakil Bupati Malang Sanusi mengatakan bahwa, Festival Anak Cinta Pantai tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ibu dan Hari Pekerja Migran tahun 2018, dengan mengusung tema 'Dengan Peringatan Hari Ibu dan Hari Pekerja Migran, Mari Kita Kuatkan Pengasuhan Bersama Berbasis Masyarakat'.

"Pemilihan Pantai Ngliyep sebagai lokasi acara sekaligus turut mempromosikan wisata pantai Kabupaten Malang," kata Sanusi, dalam sambutannya di Pantai Ngliyep, Kecamatan Donomulyo, Minggu.

Sanusi menambahkan, Pemerintah Kabupaten Malang mengapresiasi seluruh pihak yang mendukung program pengembangan pelayanan pemberdayaan perempuan dan anak dalam Festival Anak Cinta Pantai tersebut. Selain itu juga kepada para relawan yang selama mendampingi anak-anak dalam pendidikan di desa, tak terkecuali anak-anak dari pekerja migran.

Festival Anak Cinta Pantai tersebut dikemas dengan sejumlah perlombaan dan pentas seni anak-anak, diantaranya adalah menulis surat untuk ibu, dan lainnya.

Festival tersebut digagas atas kerja sama antara The Asia Foundation, Lembaga Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3TP2A) Kabupaten Malang bersama Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan itu, Sanusi mengingatkan kepada para orang tua untuk terus mendampingi anak-anaknya, khususnya untuk memberikan pemenuhan gizi yang mencukupi. Langkah tersebut supaya anak-anak terhindar dari masalah penghambat pertumbuhan, seperti stunting.

Wilayah Kabupaten Malang memiliki potensi destinasi wisata pantai yang indah. Beberapa diantaranya adalah, Pantai Balaikambang, Pantai Goa Cina, Pantai Ngliyep, dan Pantai Sendangbiru. Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya untuk terus mengembangkan sektor pariwisata untuk memutar roda perekonomian masyarakat setempat.

Beberapa langkah yang diambil saat ini adalah dengan melakukan pemetaan dan berupaya untuk menggaet para investor untuk berinvestasi khususnya di wilayah Malang selatan. Potensi di wilayah Malang selatan dinilai tinggi karena memiliki banyak destinasi wisata pantai.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018