Depok (Antara) - Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu poin Tri Dharga Perguruan Tinggi. Universitas Indonesia, melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat setiap tahunnya menyelenggarakan program pengabdian masyarakat sebagai bentuk UI dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Program ini diikuti oleh dosen Universitas Indonesia di berbagai bidang ilmu dengan lokasi pengabdian yang berbeda.
 
Sebagai dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Kepala Perpustakaan Universitas Indonesia, Dr Fuad Gani, S.S., M.A. kembali melakukan program pengabdian kepada masyarakat, Selasa (18/12).

Program Pengembangan Perpustakaan dan Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Siswa SMA di Depok dan Sekitarnya ini berlangsung selama sepuluh bulan dengan melibatkan tiga sekolah yaitu SMAN 1 Depok, SMAIT Tunas Bangsa Depok, dan SMAN 9 Bogor.

"Pemilihan sekolah tersebut didasarkan pada adanya komitmen sekolah yang dalam hal ini diwakili oleh kepala sekolah untuk membangun perpustakaan dan menjamin bahwa program tersebut dapat terus berlanjut (sustainable) serta dapat ditularkan kepada sekolah lainnya," ujarnya.

Program pertama yang dilakukan adalah Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang dilaksanakan di Perpustakaan UI pada 6-9 Agustus 2018. Pengelola perpustakaan sekolah dilatih oleh pustakawan senior Perpustakaan UI.

Materi yang diberikan mencakup Administrasi Perpustakaan Sekolah, Organisasi Informasi, Teknologi Informasi, Pengadaan dan Pengembangan Koleksi, Layanan Perpustakaan, Pemasaran, serta Literasi Informasi.

"Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan pengelola perpustakaan sekolah dan menerapkan materi  yang didapatkan sehingga siswa semakin tertarik untuk datang ke perpustakaan," tegasnya.

Program lainnya yang diberikan adalah pemberian satu unit komputer dan instalasi aplikasi otomasi LONTAR (Library Automation and Digital Archives). Penyerahan komputer dan aplikasi otomasi ini dilakukan bersamaan dengan Pelatihan Literasi Informasi untuk siswa kelas XII SMA tersebut.

Pelatihan dilaksanakan di masing-masing sekolah dengan materi Literasi Informasi dan Bijak Bermedia Sosial. Peserta pelatihan sangat antusias karena materi yang disampaikan merupakan metode pencarian informasi mahasiswa Universitas Indonesia.

Penerapan program Pengembangan Perpustakaan dan Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Siswa SMA di Depok dan Sekitarnya akan terus dimonitor dan dievaluasi untuk memastikan bahwa program otomasi perpustakaan sekolah dapat berjalan sesuai dengan rancangan dan harapan yang telah ditetapkan.

Evaluasi akan dilakukan dalam rangka memastikan bahwa program ini mempunyai manfaat yang tiada henti guna menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di pasar kerja global dan juga menumbuhkan minat riset sejak dini.(*)

Pewarta: Hanni Sofia

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018