Surabaya (Antaranews Jatim) - Kepolisian Daerah Jawa Timur mengumpulkan sebanyak enam ribu Babinkamtibmas yang ada di wilayah itu di Surabaya, Senin sebagai penguatan kembali jelang pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan dikumpulkannya ribuan Babinkamtibmas itu agar mereka lebih memahami karakteristik di wilayahnya masing masing, khususnya di tahun politik ini.

"Tugas mereka nantinya adalah berkomunikasi dengan tokoh tokoh yang ada di lingkungan masing masing, baik tokoh agama maupun tokoh masyarakat. Mengajak untuk bersama sama menciptakan rasa aman," kata dia.

Luki mengatakan masalah hoaks saat ini telah masuk ke pelosok-pelosok daerah. Untuk itu Tim Cyber akan memberikan bekal kepada Babinkamtibmas terkait bagaimana menghadapi adanya berita atau informasi hoaks, apabila terjadi di wilayah atau lingkungan mereka masing masing.

"Tim itu juga akan memberikan gambaran, situasi menangani masalah hoaks itu," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, sebanyak 41 Babinkamtibmas mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan atas kinerja mereka selama 2018.

Luki mengatakan, penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi bagi Babinkamtibmas untuk bekerja secara profesional, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

"Kepada Babinkamtibmas yang lain, untuk terus melakukan inovasi inovasi, untuk melakukan tupoksi sesuai dengan apa yang harus dikerjakan," ujarnya.

Selain mendapatkan piagam, Babinkamtibmas yang dinilai berprestasi ini juga diberikan alat komunikasi berupa handphone. Dengan tujuan, setiap kegiatan yang dilaksanakan dan setiap kejadian, dapat cepat dilaporkan.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018