Surabaya (Antaranews Jatim) - Polda Jawa Timur mengonfirmasikan bahwa artis dangdut Nella Kharisma dijadwalkan menghadiri pemeriksaan terkait kasus "endorse" (pendukung promosi) produk kosmetik ilegal bermerek DSC (Derma Skin Care) Beauty, Selasa (18/12).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat memberi keterangan kepada wartawan di Surabaya, Senin, mengatakan, penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada sejumlah artis, dua di antaranya Nella Kharisma dan Via Vallen yang memberikan konfirmasi untuk hadir.

"Baru dua yang mengonfirmasi, Nella Kharisma dan Via Vallen. Nella Kharisma besok (Selasa, 18/12), sementara yang lain masih belum. Kami akan mencoba melakukan pemanggilan lagi pada pekan depan," kata Luki

Kapolda menyatakan penanganan kasus kosmetik ilegal merupakan prioritas, sehingga dirinya meminta pihak-pihak yang dipanggil segera datang untuk diperiksa.

Jenderal Bintang Dua itu menambahkan, masyarakat hingga saat ini terus menanyakan perkembangan penanganan kasus kosmetik ilegal itu dan meminta semua pihak kooperatif agar kasus ini menjadi jelas.

"Makanya, kami sampaikan Polda Jatim akan prioritas penanganan sampai tuntas. Kalau memang pemanggilan satu, pemanggilan kedua tidak datang, ya kami bawa paksa ke sini nanti. Mudah-mudahan saksi kooperatif," ujar Luki.

Dalam penanganan kasus itu, Kapolda menegaskan bahwa polisi tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah.

Selain itu, Luki mengungkapkan, artis-artis yang menjadi endorse mendapat bayaran yang cukup besar, yakni Rp7 juta-Rp15 juta per minggu.

"Maka kita imbau, sekelas artis harusnya paham bahwa produk itu asli atau tidak, harusnya mereka tidak sekadar (menerima tawaran) endorse untuk meningkatkan penjualan," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan menambahkan, secara teknis penyidik sudah melakukan pemanggilan terhadap enam artis, yakni Nella Kharisma, Via Vallen, dan empat artis berinisial NR, MP, DJB, dan DK.

Tiga artis, kata Ahmad, harusnya datang pada pekan lalu, tapi karena mungkin jadwal dari pengacara yang berinisial NR agar pemanggilan itu dijadwalkan kembali.

"Untuk Nella Kharisma besok. Tapi, kita lihat dia akan hadir atau tidak, karena ini untuk kelanjutan proses sesuai dengan petunjuk alat bukti," katanya.(*)

Baca juga: Sejumlah Artis Diduga Jadi "Endorse" Produk Kosmetik Ilegal
Baca juga: Polisi Periksa Sejumlah Artis "Endorse" Kosmetik Ilegal

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018