Lumajang (Antaranews Jatim) - Gerakan tanam pisang agung di Desa Jambearum, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dihadiri Bupati Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Indah Amperawati di desa setempat, Rabu.
     
Acara tersebut diawali dengan penanaman bibit pisang agung oleh bupati dan wakil bupati yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Imam Suryadi, serta forum komunikasi pimpinan Kecamatan Pasrujambe yang dilanjutkan dengan peninjauan stan pameran hasil bumi dan produk olahan wilayah setempat.
   
"Pisang agung merupakan tanaman unggulan Kabupaten Lumajang yang diharapkan dapat mengangkat kemitraan di kabupaten yang berjuluk Kota Pisang," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq.
   
 Ia berharap ada kemitraan, sehingga pemkab juga berharap Bank Jatim menjadi bagian dalam memberikan dukungan dengan skema yang ada di perbankan untuk bersama-sama memajukan tanaman pisang agung yang ada di Kabupaten Lumajang.
     
"Saya dan Ibu wakil bupati juga berkeinginan tidak hanya pisang agung, sehingga saya minta Dinas Pertanian mendukung terhadap tanaman-tanaman yang memiliki nilai jual lebih tinggi," tuturnya.
     
Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, Pemkab Lumajang akan terus mendukung berbagai potensi yang ada di Lumajang,
     
Ia mengungkapkan bahwa pemkab akan mengeluarkan surat instruksi kepada semua instansi pemerintah, agar suguhan kepada tamu dalam rapat menggunakan buah lokal hasil produk Lumajang.   
     
"Kami harus makan produk buah lokal kita sendiri, sehingga saat ada tamu luar kota sebaiknya disuguhkan buah khas Lumajang," katanya.
     
Kepala Dinas Pertanian Lumajang Imam Suryadi mengatakan, pisang agung yang ada di Kabupaten Lumajang terutama Kecamatan Senduro dan Pasrujambe sudah tertanam sekitar 553 hektare, dengan produksi rata rata sekitar 28.000 ton pertahun.  
     
"Sedangkan untuk pisang mas kirana memproduksi sekitar 12.000 ton dengan luasan 797 hektare," ujarnya.
     
Undangan yang hadir dalam kegiatan Gerakan Tanam Pisang sekitar 300 orang yang terdiri dari para petani yang ada di wilayah Kecamatan Pasrujambe.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018