Surabaya (Antaranews Jatim) - Ekonom Jatim Arif Budimanta menilai ada tiga keberhasilan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo di bidang ekonomi selama empat tahun terakhir.

"Secara keseluruhan ada 18 keberhasilan dan tentunya lebih banyak, tapi ini yang menonjol," kata Arif, yang juga juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin dalam diskusi bertajuk Arah Kebijakan Pemerintah Lima Tahun ke Depan di Surabaya, Rabu.

Arif menjelaskan, 18 keberhasilan bidang ekonomi pemerintahan Presiden Jokowi bisa dikategorikan dalam tiga bagian, yakni stabilitas harga, kesejahteraan sosial dan keadilan ekonomi.

"Pak Jokowi berhasil menjaga inflasi, juga BBM satu harga. Itu juga karena pembangunan infrastruktur dan kepemimpinan yang kuat," kata Arif.

Dalam bidang kesejahteraan sosial, kata dia, kini semakin banyak orang bekerja dengan ditunjukkannya angka pengangguran yang menurun, ditambah kemiskinan yang juga menurun.

"Ada lagi pendidikan dan kesehatan yang tercakup dalam indeks pembangunan manusia yang juga menunjukkam angka yang membaik," katanya.

Sementara untuk keadilan ekonomi, Arif menambahkan, Presiden Jokowi telah mewujudkan keadian sosial dengan meneruskan membangun indonesia dari pinggiran, dengan adanya KUR yang hanya tujuh persen.

"Jokowi berani melakukan reformasi agraria, maupun redistribusi aset dan akses. Aset dalam hal ini adalah tanah, sedangkan akses juga terkait akses pembiayaan, pendidikan, dan kesehatan," katanya.

Meski demikian, kata Arif, dalam perjalanannya saat ini tetap diperlukan penyempurnaan sehingga ke depan program yang baik bisa diteruskan kemudian disempurnakan dan dilengkapi agar lebih tepat sasaran.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018