Surabaya (Antaranews Jatim) - Kaza City Mal Surabaya menggelar Festival WR Supratman untuk menghormati jasa pencipta lagu Indonesia Raya itu dan memperingati Hari Pahlawan di Surabaya, Sabtu.

"Agenda festival WR Supratman adalah agenda tahunan Kaza City Mal dan ini adalah tahun ke-3. Wilayah kami di Kecamatan Tambaksari dekat dengan Makam WR Supratman kenapa tidak coba diangkat," kata Direktur Utama Kaza City Mal Surabaya Rudy Harsono.

Rudy mengatakan WR Supratman adalah pahlawan besar Indonesia yang berjasa besar untuk bangsa. Pasalnya, lagu Indonesia Raya yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia, pada kongres pemuda waktu itu mampu menyatukan pemuda sehingga semangat perjuangan terus menggelora.

"Kami memandang anak muda sekarang harus tahu dan harus bisa menjiwai apa yang sudah dilakukan WR Supratman," katanya.

Pada festival itu, digelar paduan suara untuk pelajar, lomba mendongeng dan juga pameran barang antik. Untuk pameran barang antik, Rudy menjelaskan kegiatan itu digelar hampir setiap tahun.

"Tujuannya agar generasi muda tahu peradaban bangsa ini melalui beberapa tahapan. Kita bisa tahu dulu teknologi seperti apa, ekonomi seperti apa, jadi bisa tahu bangsa ini sudah seperti apa berkembangnya hingga kini," ujarnya.

Sementara untuk perbedaan festival, Rudy mengatakan pada tahun ini lebih banyak variasi jika dibanding tahun lalu. Seperti paduan suara yang menggunakan kostum berbeda.

"Ke depen kami akan berkeja sama Dinas Pendidikan Surabaya. Tahun ini kami ada komunikasi dengan mereka. Karena untuk lomba paduan suara kami melibatkan siswa sehingga otomatis berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan," katanya.(*) 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018