Situbondo (Antaranews Jatim) - Bupati Situbondo Dadang Wigiarto memberikan penghargaan kepada 106 atlet berprestasi yang meraih medali emas, perak, dan perunggu dalam kejuaraan nasional dan daerah selama tahun 2018.

"Selain 106 atlet yang mendapatkan penghargaan, juga tercatat ada 18 pelatih yang diberi penghargaan karena berhasil melahirkan atlet berprestasi dari sejumlah cabang olahraga," kata Dadang Wigiarto kepada wartawan di Situbondo, Jatim, Jumat.

Ia menyatakan sangat bangga karena potensi yang dimiliki para atlet yang mayoritas pelajar tersebut dapat meraih prestasi membanggakan.

Di lingkungan Pemkab Situbondo sangat mendukung tumbuhnya atlet-atlet berprestasi, karena nantinya tinggal memilih teori dan teknologi yang tepat sebagai sarana prasarana para atlet.

"Pemerintah Kabupaten Situbondo nantinya tinggal memikirkan sarana dan prasarana pendukung untuk para atlet," tuturnya.

Menurut bupati, sarana dan prasarana yang ada saat ini masih belum sepadan dibanding prestasi yang telah diraih para atlet. Salah satunya stadion yang tersedia belum representatif sebagai sarana latihan untuk beberapa cabang olahraga, terlebih mereka harus berebut dengan atlet sepak bola.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan sarana prasarana latihan para atlet di Kecamatan Panarukan dan pada akhir tahun ini kami targetkan rampung," katanya.

Dadang menjelaskan, anggaran yang dimiliki pemerintah daerah sangat terbatas dan tidak bisa memenuhi kebutuhan sarana prasarana yang semestinya disediakan untuk para atlet sesuai dengan cabang olahraga yang diminati.

"Kami akan mencari bapak angkat yang bisa mendukung prestasi atlet melalui investor. Kami juga akan memberikan izin prinsip kepada investor asalkan mereka memberikan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR untuk pembinaan atlet," ujarnya.

Penyerahan penghargaan kepada atlet dan pelatih berprestasi periode Mei hingga Agustus 2018 dilaksananan di Pendopo Kabupaten Situbondo pada Kamis (8/11) malam.

Ke-106 atlet mendapat penghargaan karena telah meraih medali emas, perak dan perunggu dari beberapa cabang olahraga, di antaranya atlet anggar, karate, catur, bulu tangkis, pencak silat, selam, dan tarung derajat.

Peraih medali emas sebanyak 33 atlet mendapatkan uang masing-masing Rp750.000, peraih medali perak sebanyak 37 atlet mendapatkan Rp400.000 dan peraih medali perunggu sebanyak 36 atlet mendapatkan Rp300.000. Sedangkan 18 pelatih berprestasi mendapatkan uang masing-masing Rp500.000. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018