Lumajang (Antaranews Jatim) - Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan rombongan ekspedisi Ranu Kumbolo yang akan memperingati Hari Sumpah Pemuda di lereng Gunung Semeru tersebut dapat mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
 
Wakil Bupati Lumajang tersebut memberangkatkan sebanyak 225 orang yang tergabung dalam Ekspedisi Ranu Kumbolo di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Lumajang, Sabtu.

"Ekspedisi Ranu Kumbolo tidak sekedar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, namun juga membawa misi memperkenalkan keindahan panorama Ranu Pane dan Ranu Kumbolo," katanya. 

Menurutnya sektor pariwisata akan ditingkatkan publikasinya, agar lebih dikenal masyarakat luas karena hal tersebut penting untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Lumajang.

"Sejauh ini, pemasukan PAD dari sektor pariwisata relatif kecil, sehingga perlu ditingkatkan dengan mengenalkan keindahan objek wisata seperti Ranu Pani dan Ranu Kumbolo di lereng Gunung Semeru," tuturnya.

Indah mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Lumajang berpartisipasi untuk memberikan kontribusi terbaiknya dan ikut mempublikasikan potensi objek wisata Kabupaten Lumajang.

"Minimal mengenalkan objek wisata melalui media sosial milik pribadi," ujarnya.

Dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Ranu Kumbolo tersebut rencananya yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Agus Iskarman.

Ranu Kumbolo merupakan salah destinasi wisata yang menarik di jalur pendakian Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut dan dari Ranu Kumbolo, pendaki bisa menyaksikan matahari terbit di antara dua bukit.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018