Malang (Antaranes Jatim) - Pemerintah Kota Malang mendorong regenerasi pemain sepak bola usia dini, yang diharapkan mampu memberikan pembinaan konstruktif sumber daya manusia khususnya pada generasi muda penerus sepak bola tanah air.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan bahwa proses regenerasi merupakan hal yang sangat penting dalam dunia olahraga, terlebih pada dunia sepak bola, dimana banyak kalangan berupaya untuk melakukan pembinaan atlet usia dini agar prestasi bisa diukir dengan baik kedepannya.

"Semakin maju sepak bola suatu negara, maka semakin maju pula cara pandang mereka mengenai regenerasi," kata Sofyan Edi, dalam sambutannya pada Kompetisi Sepak bola U-11 Tahun Piala Rektor di Lapangan Universitas Muhammadiyah (UMM), Kota Malang, Jumat.

Menurut Sofyan Edi, beberapa negara dengan tradisi kuat sepak bola seperti Brasil, Argentina, Belanda, Prancis, Spanyol, Jerman dan Inggris, tidak pernah kehabisan sumber daya manusia dari waktu ke waktu, karena pembinaan regenerasi sepak bola yang berkelanjutan.

"Hal itu terwujud karena pembinaan atlet usia dini hingga usia muda cukup baik dan terencana," ujar Sofyan Edi.

Menurutnya, pembinaan sepak bola usia dini merupakan dasar atau awal dari rangkaian pembinaan jangka panjang yang perlu dilakukan secara berkelanjutan. Kompetisi yang digelar oleh UMM tersebut diharapkan menjadi upaya dalam melakukan pembinaan, yang diharapkan menjadi indikasi atas kemajuan sepak bola Indonesia pada masa mendatang.

"Melalui kompetisi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pelajaran yang berharga dalam pengembangan potensi diri para generasi muda, serta memupuk kebersamaan dan persaudaraan," ujar Sofyan Edi.

Selain sebagai ajang pembinaan atlet muda, lanjut Sofyan Edi, pihaknya mengharapkan bahwa kompetisi sepak bola usia dini juga mampu dijadikan sarana untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan persaudaraan, sekaligus menanamkan rasa sportifitas bagi atlet muda Indonesia.

"Kita berharap kepada anak muda, khususnya di Kota Malang mampu menjadi tulang punggung Indonesia di masa mendatang," ujar Sofyan Edi.

Pemerintah Kota Malang tengah fokus untuk menghasilkan atlet generasi penerus khususnya pada cabang olahraga sepak bola. Salah satu gagasan yang dimunculkan oleh Pemerintah Kota Malang adalah menjadikan Persatuan Sepak Bola Indonesia Malang (Persema) sebagai inkubator pemain usia muda.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018