Lumajang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Lumajang mengirimkan bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi, dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah yang diberangkatkan langsung Bupati Lumajang Thoriqul Haq di halaman Kantor BPBD Lumajang, Jawa Timur, Rabu.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Teguh Widjayono mengatakan pengumpulan donasi sebesar Rp156.967.000 yang dihimpun terhitung mulai 3 Oktober hingga 16 Oktober 2018.

"Selain uang tunai, BPBD juga berhasil menghimpun bantuan lainnya seperti bahan pokok, baju layak pakai dan obat - obatan yang diterima dari organisasi perangkat daerah di llingkungan Pemkab Lumajang, LSM, ormas, kelompok pemuda, kelompok keagamaan dan beberapa komunitas di Kabupaten Lumajang," katanya.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bantuan yang sudah terkumpul nantinya akan diserahkan kepada BPBD Provinsi Jawa Timur untuk didistribusikan ke lokasi bencana alam di Sulawesi Tengah. 

"Untuk pengiriman personel, kami masih menunggu BPBD Jatim dan apabila nantinya dibutuhkan kami sudah siap. Tim BPBD Lumajang sudah terlatih, siap untuk melakukan kegiatan – kegiatan di tempat bencana," tuturnya.

Untuk  mengantisipasi segala potensi bencana alam yang bisa terjadi kapan saja di Kabupaten Lumajang, Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq itu meminta BPBD Kabupaten Lumajang gencar melakukan sosialisasi tanggap bencana kepada masyarakat.

"Saya apresiasi terhadap BPBD karena jalur evakuasi dan papan nama evakuasi sudah tertata rapi dan pos evakuasi juga tersedia," katanya.

Ia mengatakan pihaknya tidak ingin terjadi bencana, namun antisipasi untuk mempersiapkan Lumajang sebagai daerah yang punya kondisi kemungkinan bencana terjadi harus dilakukan berbagai antisipasi.

"Saya berharap BPBD Lumajang melakukan sosialisasi dan konsolidasi tanggap bencana kepada masyarakat, terutama di desa yang rawan bencana, bisa lewat pelatihan penanganan kesehatan pertama dan langkah mengevakuasi yang cepat," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018