Situbondo (Antaranews Jatim) - Dua rumah warga di Desa Taman Kursi, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, ludes terbakar yang penyebabnya diduga akibat selang tabung gas elpiji 3 kilogram bocor.

"Insiden kebakaran dua rumah, masing-masing milik Su?ud (54) dan Arif Rahman (29), warga Dusun Pandu Bawah RT 1 RW 5, Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang, itu terjadi pada Selasa (11/9) malam sekitar pukul 19.00 WIB," ujar Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdal Ops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono di Situbondo, Rabu pagi.

Ia menjelaskan, peristiwa kebakaran bermula saat istri Su`ud bernama Sumarna hendak mengganti tabung gas elpiji dan saat memasang selang tabung selesai tiba-tiba api dari tungku yang juga ada di dapur menyambar hingga api terus membesar dan merembet ke rumah Arif Rahman.

Dari keterangan saksi dan pemilik rumah, katanya, kobaran api yang menyambar tabung LPG berasal dari tungku itu sang pemilik rumah mengaku tak menyangka, karena api sisa memasak di dalam tungku dikira sudah mati.

"Api dapat dipadamkan pada sekitar pukul 21.00 WIB, dan kebakaran ini menyebabkan satu rumah rusak total, sedangkan satu rumah rusak berat dan satu rumah lagi rusak ringan dan akibat kebakaran ini ditaksir kerugian mencapai sekitar Rp90 juta," ujarnya.

Informasi yang dihimpun, kebakaran ini sempat membuat warga yang lokasinya di pegunungan itu sempat panik, terlebih saat mendengar ledakan tabung gas dan pemilik rumah menjerit meminta tolong dan warga pun bahu-membahu memadamkan api. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018