Pamekasan (Antaranews Jatim) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pamekasan, Jawa Timur memberlakukan pemadaman listrik secara bergiliran sehubungan adanya gangguan pembangkit Jawa Bali pada Rabu (5/9).

"Hingga saat ini gangguang pembangkit listrik Jawa Bali yang mengalami gangguan itu masih dalam upaya penormalan, dan oleh karenanya dengan terpaksa dilakukan pemadaman secara bergiliran," kata Manajer PLN Area Pamekasan Novi Widyaningsih di Pamekasan, Kamis malam.

Ia menjelaskan, pemadaman secara bergiliran telah dilakukan sejak pagi di beberapa titik di Kabupaten Pamekasan.

"Dan untuk malam ini, ada tiga titik di Kabupaten Pamekasan yang dilakukan pemadaman, yakni di Banyuanyar, Pahlawan 3 dan di Jalan Gazali," kata Novi.

Sementara hingga saat ini, total jam padam aliran listrik di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mencapai 83 jam, terhitung sejak 19 Agustus 2018 hingga 6 September 2018.

Berikut rincian kejadian pemadaman yang terjadi di area pelayanan PLN Madura selama kurun waktu 19 Agustus 2018 hingga 3 September 2018:

1). 19 Agustus 2018, perusahaan listrik negara ini juga melakukan pemadaman terjadwal dengan durasi waktu enam jam. Lokasi area jaringan listrik yang dipadamkan meliputi, Jalan Jokotole, Jalan Veteran, Jalan Kartini, Jalan Nogroho, dan kawasan Barurambat Kota Pamekasan dan sekitarnya.

2). 20 Agustus 2018 PLN melakukan pemadaman di sekitar area Jalan Agus Salim, Jalan Ronggosukowati, Kelurahan Kolpajung, Kowel, Lawangan Daja, Jalan Nyalaran dan sekitarnya. Pemadaman berkaitan dengan pekerjaan dan pemeliharaan jaringan listrik wilayah PLN Rayon Pamekasan, yakni rehap JTR 3. Durasi waktu padam 8 jam.

3). 25 Agustus 2018, lokasi yang dipadamkan adalah di sekitar Jalan Pintu Gerbang dengan alasan pemelihaan di section 1 Gardu Induk, dan pada 29 Agustus 2018 ini dengan alasan pergantian trafo dan pemadaman berlangsung selama lima jam, yakni mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

4). Tanggal 29 Agustus 2018 pemadaman kembali terjadi dengan alasan pergantian trafo dan pemadaman berlangsung selama lima jam, yakni mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pemadalam ini berdalih memperbaiki kerusakan jaringan listrik.

5). 30 Agustus 2018 pihak PLN kembali melakukan pemadaman di enam titik di sekitar Kota Pamekasan, yakni di Jalan Ronggosukowati, Jalan Stadion, Kolpajung, Jalan Kowel, Jalan Lawangan Daja, dan Jalan Raya Nyalaran, Pamekasan. Pemadaman berlangsung selama delapan jam, mulai Pukul 08.00 WIB hingga Pukul 16.00 WIB.

6). 30 Agustus 2018 aliran listrik di Kecamatan Pakong padam selama sekitar 2 jam, dan laporan pemadaman disampaikan oleh anggota DPRD asal Pakong, Pamekasan Zainal Abidin. Pemadaman di Pakong ini tidak terjadwal.

7). 3 September 2018 aliran listrik di Kecamatan Tlanakan padam selama sekitar 12 jam lebih. Laporan Pemadaman di wilayah itu disampaikan warga Dusun Batulengkong, Desa Gugul, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan Zaini. Pemadaman setelah shalat subuh, dan hingga menjelang magrib aliran listrik belum nyala.

8). 4 September 2018, pihak PLN kembali menyampaikan pengumuman hendak melakukan pemadaman di sejumlah titik di Pamekasan dengan dalih perbaikan, yakni rehab SUTM.

Pemadaman mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB dengan titik lokasi padam antara lain Desa Nyalabu, Desa Bettet, Kampung Sobih, Jalan Bazar dan sekitarnya.

9). 6 September 2018, pihak PLN melakukan pemadaman secara bergiliran selama 24 jam, di berbagai kecamatan di Kabupaten Pamekasan dan pemadaman ini terjadi, sehubungan dengan adanya gangguan pembangit Jawa Bali pada Rabu(5/9), di mana hingga 6 September 2018 masih dalam upaya penormalan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018