Situbondo (Antaranews Jatim) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divisi Regional Bondowoso, Jawa Timur, mulai melaksanakan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) di pasar tradisional Kabupaten Situbondo dan Bondowoso, Selasa.

"Operasi pasar cadangan beras pemerintah pada hari ini dilakukan secara serentak se-Indonesia untuk stabilisasi harga beras di pasaran," ujar Wakil Kepala Sub-Divre Bulog Bondowoso yang membawahi Situbondo, Prasetyo usai memberangkatkan armada truk Operasi Pasar Cadangan Pemerintah di Gudang Bulog Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Kegiatan stabilisasi harga beras medium 2018 ini, lanjut dia, dilakukan atas perintah Menteri Perdagangan RI melalui Bulog Pusat dan dilakukam secara serentak seluruh Indonesia.

Selain bertujuan menjaga pasokan beras, katanya, kegiatan operasi pasar tersebut juga menjaga stabilisasi harga beras medium di pasar agar supaya tidak terjadi gejolak harga.

Kendati demikian, menurut Prasetyo, dalam pemantauan Bulog terkait dengan perkembangan harga beras medium di pasar khususnya di Kabupaten Situbondo masih cukup stabil.

"Akan tetapi kami masih tetap melaksanakan operasi pasar sebagai bentuk antisipasi lebih dini gejolak harga beras yang biasanya atau tren terjadi pada akhir tahun," katanya.

Ia menegaskan, kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan Bulog ini juga untuk memberikan dampak psikologis ke pasar yang dalam artian kepada masyarakat akan tenang karena pemerintah siap turun dalam rangka ketersediaan dan stabilitas harga pangan.

"Pada hari ini operasi pasar beras dilaksanakan di dua titik, di Pasar Induk Kabupaten Bondowoso dan Pasar Tradisional Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo," paparnya.

Data diperoleh, dalam pelaksanaan operasi pasar ini, selain menjual beras medium, Bulog juga menjual gula dan minyak goreng dan tepung terigu dengan harga jual di bawah harga di pasaran.

Beras medium curah (50 kilogram) dijual dengan harga Rp8.350 perkilogram, kemasan 5 kilogram Rp8.800 per kilogram, sedangkan harga minyak goreng 1 liter Rp12.000 dan tepung terigu Rp7.400 perkilogram dan gula pasir Rp12.000 per kilogram.

Pelepasan armada truk yamg mengangkut 5 ton beras medium ini juga dihadiri Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Situbondo dan beberapa pejabat lainnya. (*)
Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018