Surabaya (Antaranews Jatim) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) 1 Debarkasi Surabaya, asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, tiba di tanah air, Selasa dini hari.

Jamaah yang berjumlah 450 orang itu terlihat turun di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur menggunakan pesawat Saudia Arabian Airlines, nomor penerbangan SV 5110, pada sekitar pukul 01.00 WIB.

Selanjutnya jamaah haji menggunakan bus tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada sekitar pukul 03.25 WIB, yang disambut oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Syamsul Bahri.

"Alhamdulillah, jamaah kloter 1 tiba di tanah air dengan utuh. Saat berangkat mereka berjumlah 450 orang. Seluruhnya tiba di tanah air dengan selamat," katanya kepada wartawan, usai menyambut kedatangan jamaah kloter 1.

Di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, jamaah haji menjalani proses keimigrasian yang memakan waktu sekitar 1 jam, sebelum kemudian dipulangkan ke daerah asal.

Hari ini, selain kloter 1, lanjut dia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya menerima kedatangan jamaah haji kloter 2, asal Kabupaten Bondowoso dan kloter 3, asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Tiap jamaah, di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, mendapat jatah air zamzam masing-masing 5 liter yang telah dikemas dan disiapkan oleh petugas PPIH Debarkasi Surabaya.

Barang bawaan jamaah tampak diantar terpisah menuju daerah asal menggunakan truk. Sedangkan jamaah haji pulang ke daerah asal menggunakan bus yang dikoordinir oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota setempat.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Markus menyatakan jamaah juga diperbolehkan dijemput keluarganya menggunakan mobil pribadi di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Kalau dijemput sendiri oleh keluarganya maka harus berkoordinasi dengan panitia daerah. Biar tidak dicari-cari kalau tidak ada di bus rombongan," tuturnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018