Surabaya (Antaranews Jatim) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya siap menyambut kedatangan rombongan jamaah haji yang dijadwalkan tiba mulai dini hari nanti.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya Jamal mengatakan kelompok terbang (kloter) 1 Debarkasi Surabaya berasal dari Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, pada sekitar pukul 01.00 dini hari, Selasa, 28 Agustus.

"Jamaah haji kloter 1 menggunakan pesawat Saudia Arabian Airlines, nomor penerbangan SV 5110, berangkat dari Bandara Jeddah tadi pagi. Menurut jadwal tiba dini hari nanti di Bandara Juanda pukul 01.00 WIB," katanya.

PPIH Debarkasi Surabaya, lanjut dia, telah menyiapkan penyambutan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada pukul 03.00 WIB.

"Di Asrama Haji Debarkasi Surabaya nanti para jamaah haji juga akan menjalani beberapa proses, seperti pengecekan dokumen oleh pihak imigrasi, pengukuran suhu tubuh jamaah oleh tim kesehatan, serta penyerahan air zamzam yang telah kami siapkan untuk dibawa pulang," ujarnya.

Proses tersebut, menurut pria yang baru saja dilantik menjadi Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur pada 2 Agustus lalu ini, kira-kira akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

"Alhamdulillah, kami sudah siap seratus persen menerima kedatangan jamaah haji kloter pertama," katanya.

Jamal menandaskan, sepanjang hari pada Selasa besok, terdapat 3 kloter jamaah haji yang akan tiba di Debarkasi Surabaya.

Dia merinci, selain kloter 1 yang akan mendarat di Bandara Juanda pukul 01.00 WIB, terdapat kloter 2 asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yang akan mendarat pukul 04.30 WIB, serta kloter 3 asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang dijadwalkan mendarat pukul 04.10 WIB.

"Sepanjang hari pada Selasa besok, kita sudah siap menerima kedatangan 3 kloter jamaah haji," ucapnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018