Jember (Antaranews Jatim) - Komunitas Generasi Baru Indonesia (Genbi) Jember yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia menggalang dana untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat di sejumlah lokasi strategis di Kabupaten Jember, Jawa Timur.
 
"Kami sudah melakukan penggalangan dana di berbagai lokasi yang bertepatan dengan sejumlah even beberapa waktu lalu dan menggelar 'live music' untuk mengumpulkan dana pada Sabtu (18/8) malam," kata Ketua Genbi Jember Habiburohim di Jember, Minggu.

Menurutnya kegiatan "live music for charity" menggalang dana untuk korban gempa bumi di Lombok sebagai bentuk kepedulian Genbi Jember dalam membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan karena uluran tangan dermawan sangat berarti.

"Genbi Jember melalui program kerja koin sosial yang mana sasarannya bersifat sosial dengan melakukan penggalangan dana untuk saudara kita di Lombok karena duka mereka menjadi duka bangsa Indonesia," tuturnya.

Sebagai generasi baru indonesia, lanjut dia, sudah menjadi kewajiban untuk melakukan tugas tersebut karena mahasiswa penerima beasiswa BI selalu diajarkan untuk memiliki jiwa yang sosial dan selalu memberikan inspirasi bagi Indonesia.

"Penggalangan dana rutin dilakukan selama empat hari dengan durasi penggalangan sekitar 1,5 jam dan alhamdulillah mendapatkan hasil yang lumayan, namun kami tidak berhenti dan melakukan penggalangan dengan metode akustik live music pada Sabtu (18/8) malam," katanya.

Tidak jauh berbeda dengan konsep acara pada saat malam minggu, beberapa sudut lampu merah yang ada di Jember dipadati oleh puluhan anggota genbi dengan ciri khas baju biru tua dengan kerudung mustard yang sedang melakukan penggalangan dana di beberapa lokasi keramaian.

"Meskipun hanya berbekal kardus yang ditempeli pamflet bertuliskan 'penggalan dana untuk lombok', semangat kawan-kawan Genbi untuk membantu korban  gempa bumi di Lombok sangat luar biasa," ujarnya. 

Ia menjelaskan dana yang terkumpul dari hasil menggelar konser live musik akustik yakni sebesar Rp4 juta lebih dalam kurun waktu sekitar 2,5 jam dan itu merupakan hasil yang sangat memuaskan karena tingginya antusias warga yang memberikan sumbangan kepada Genbi.

"Untuk penggalangan dana korban gempa bumi sebelumnya hasilnya  hampir mencapai Rp2,5 juta. Ini membuktikan bahwa masyarakat di Jember memiliki empati yang tinggi terhadap korban gempa bumi di Lombok yang juga saudara kita dan berkat gerakan Genbi ini pula, empati mereka dapat tersalurkan," katanya.

Habib mengatakan seluruh dana yang terkumpul tersebut akan dikumpulkan terlebih dahulu di Genbi nusantara di pusat, kemudian akan disalurkan langsung kepada korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018