Surabaya (Antaranews Jatim) - Satuan Lalu Lintas Polrestabes dan Dishub Kota Surabaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di acara berskala internasional, "Surabaya Marathon 2018" yang akan digelar di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur pada Minggu (12/8).
     
Kasi Pengawasan dan Penertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Trio Wahyu Bowo, di Surabaya, Kamis, mengatakan pihaknya bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Surabaya akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik atau rute yang dilewati peserta "Surabaya Marathon 2018".
     
"Untuk itu, kami akan menerjunkan 250 personil untuk pengaturan arus lalu lintas," katanya.
     
Adapun rute yang akan dilintasi para peserta yaitu Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – Jalan Bubutan – Jalan Kebon Rojo – Jalan Pahlawan – Jalan Gemblongan – Jalan Tunjungan – Jalan Gubernur Suryo – Jalan Yos Sudarso – Jalan Walikota Mustajab – Jalan Biliton – Jalan Sulawesi – Jalan Raya Gubeng – Jalan Karimun Jawa - Jalan Sono Kembang – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Raya Darmo – Jalan  Wonokromo – Jalan A. Yani – U Turn Jalan A. Yani (depan Cito).
     
Dilanjutkan ke Jalan A. Yani – Wonokromo – Jalan Bumiarjo – Jalan Diponegoro – Jalan Ciliwung – Jalan Adityawarman – Jalan Mayjen Sungkono – Jalan HR Muhammad – Jalan Mayjen Yono Soewojo – Uturn depan Spassio – Jalan Mayjen Yono Soewojo – Jalan HR Muhammad – Jalan Mayjen Sungkono – Jalan Indragiri – Jalan Dr. Soetomo – Jalan Raya Darmo – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Basuki Rachmad – Jalan Embong Malang.
     
Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan melakukan penataan parkir, pemasangan sarana prasarana lalu lintas (traffic cone, barrier dan palang kuda), menyiapkan traffic cone 800 buah, barrier 250 buah dan palang kuda 250 buah. 
     
"Kami juga menyiagakan 20 unit patroli dan derek serta 13 unit patroli roda dua di beberapa titik atau persimpangan," katanya.
     
Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satlantas Polrestabes Surabaya AKP Moch. Su'ud mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari rute-rute yang telah ditetapkan oleh panitia karena di rute itu akan dialihkan dan akan mengutamakan para pelari.
     
"Kami akan mendukung penuh acara ini hingga selesai," ujarnya.
     
Ketua Panitia Surabaya Marathon 2018 Fransisca Budiman sebelumnya mengatakan ada sekitar 4.400 peserta yang mengikuti "Surabaya Marathon 2018" dengan kategori Full Marathon sebanyak 469 pelari, Half Marathon sebanyak 1.043 pelari, 10 kilometer sebanyak 1.593 pelari, dan 5 kilometer sebanyak 1.295 pelari.
     
"Jadi, total keseluruhan pelari nasional sebanyak 4.300 pelari, dan pelari dari laur negeri sebanyak 100 pelari. Jumlah ini naik hampir 50 persen karena pada tahun lalu jumlah pesertanya sebanyak 3.000 pelari," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018