Jember (Antaranews Jatim) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin meresmikan empat pelayanan yang berada di wilayah Kepolisian Resor Jember yakni Markas Kepolisian Sub Sektor Ajung, Samsat Corner, Barak Sabara, dan Masjid Malja'ul Abidin di Mapolres Jember, Kamis.

"Saya bangga kepada Kapolres Jember yang punya terobosan kreatif untuk bisa mewujudkan pengembangan dari pemerintahan, terutama di bidang pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Jember," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di Jember.

Ia mencontohkan peresmian Markas Kepolisian Sub Sektor Ajung akan memudahkan masyarakat untuk melaporkan kejadian tindak kriminal atau lainnya, sehingga warga di Kecamatan Ajung tidak perlu jauh-jauh datang untuk melapor ke polsek lama yakni Polsek Jenggawah karena Kecamatan Ajung sudah memiliki sub sektor.

"Mudah-mudahan ke depannya menjadi embrio menuju Polsek karena idealnya satu kecamatan memiliki satu polsek karena pada prinsipnya kami setuju mengikuti pengembangan wilayah pemerintahan," tuturnya.

Ia mengatakan Polres Jember kini juga memiliki "Samsat Corner" yang berada di pusat perbelanjaan Mall Roxy Square, sehingga masyarakat bisa membayar kewajiban pajak sambil berjalan-jalan dan berbelanja, sehingga pelayanan itu mendekatkan dengan masyarakat.

"Inovasi yang dilakukan oleh jajaran Polres Jember dalam hal ini Satlantas merupakan langkah inovasi yang sangat bagus, hal itu bisa lebih mendekatkan Polri kepada masyarakat dan bisa melayani masyarakat dengan lebih baik," katanya.

Selain itu, lanjut dia, peresmian Barak Sabara di Polres Jember juga diharapkan dapat melayani masyarakat yang membutuhkan kehadiran polisi sewaktu-waktu dan peresmian masjid yang diberi nama "Malja'ul Abidin untuk memberikan fasilitas kepada anggota dan masyarakat untuk melaksanakan ibadah di Polres Jember.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan peresmian Polsubsektor Ajung sangat diperlukan oleh masyarakat karena Ajung sudah menjadi kecamatan sendiri, sehingga perlu adanya markas kepolisian untuk melayani masyarakat dan menekan tindakan kriminalitas di wilayah setempat.

"Mudah-mudahan bisa segera turun peningkatan tipe rumah Mapolsubsektor menjadi Mapolsek Ajung, sehingga Polres Jember memiliki 31 Polsek untuk melayani 31 kecamatan di Jember untuk meningkatkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan peresmian barak Sabara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan aparat kepolisian sewaktu-waktu, di mana barak sabara itu berkonsentrasi di lingkungan Polres Jember yang bisa digerakkan ke tempat masyarakat membutuhkan kehadiran polisi. (*)
Video Oleh Zumrotun Solichah
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018