Oleh Indra Setiawan
     Sidoarjo, 31/7 (Antara) - Timnas U16 Indonesia berhasil meraih poin penuh saat melawan Timnas Myanmar dengan skor 1-2 dalam laga penyisihan grup piala AFF U16 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.
     Dua gol Indonesia berhasil diciptakan oleh Amiruddin Bagus di menit ke 7 dan di menit ke 26. Sedangkan satu-satunya gol Myanmar berhasil diciptakan oleh Win Thein di menit ke 72.
     Pada babak pertama, di lima menit pertama permainan cepat dengan jual beli serangan ditunjukkan oleh kedua tim. Baru kemduiam di menit ke-7 Amiruddin Bagus setelah berhasil lolos dari penjagaan Myanmar dan melesatkan tendangannya. Skor 0-1 untuk kemenangan Indonesia.
     Menit 15 myanmar kesempatan menciptakan gol setelah serangan balik, tetapi tendangan Min Htwe masih bisa ditangkap kiper Indonesia Ernando Ari Sutryadi. Skor tetap 0-1 untuk Indonesia
     Menit ke-26 Amirudin Bagus kembali menorehkan gol kedua setelah memanfaatkan serangan balik. Dan skor menjadi 0-2 untuk Indonesia hingga babak pertama selesai.
     Memasuki babak kedua, pelatih Timnas Indonesia Fachri Husaini menarik keluar Muhammad Fajar Fathur Rachman dan digantikan oleh Amanat Abdillah.
     Permainan keras ditunjukkan oleh kedua tim, hingga wasit Amdillah Zainuddin dari Brunei Darussalam harus mengeluarkan beberapa kartu kuning kepada Indonesia yakni Andre Oktaviansyah (54'), kemudian pemain Myanmar Nyan Lin (65'), Zaw Win Thein (55').
     Di menit ke-71, Indonesia harus mendapatkan hukuman tendangan pinalti setelah penjaga gawang Ernando dianggap wasit telah melakukan pelanggaran kepada Myanmar di dalam kotak pinalti.
     Eksekusi tendangan pinalti dilakukan oleh Zaw Win Thein di menit ke 72, hingga mengubah kedudukan menjadi 1-2 untuk Indonesia.
     Hingga akhir babak kedua, baik Myanmar dan juga Indonesia masih belum menciptakan gol tambahan. Dan skor masih tetap 1-2 untuk kemenangan Indonesia.
     Pelatih Myanmar, Nyi Nyi Latt mengaku kalau ada beberapa kekurangan dalam permainan anak asuhnya malam ini. Termasuk beberapa peluang untuk menciptakan gol, tetapi tendangan masih membentur mistar gawang.
     "Saya ingin mengucapkan terima kasih pada pertandingan kali ini. Banyak kekurangan dan akhirnya Indonesia bisa menang," katanya.***2***

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018