Sidoarjo, (Antaranews Jatim) - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Susi Pudjiastuti meresmikan penggunaan alat pengangkat kontainer (Reach Stacker) di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas di tempat tersebut.

"Dengan adanya alat ini bisa meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang ada di tempat ini, termasuk juga mempercepat waktu tunggu (dwelling time) yang saat ini sekutar dua jam," katanya saat meresmikan alat pengangkat kontainer (Reach Stacker) di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Puspa Agro Kelas I Surabaya II di Jemundo, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

Ia mengemukakan, saat ini nilai ekspor sudah meningkat sekutar 12 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

"Hal itu bisa dilihat dari HC (High Cube), kontainer sebanyak 7003 HC di tahun 2017 dan 2018 selama tujuh bulan saja sudah mencapai 8070 HC dan akhir tahun bisa sampai dengan 14 ribu," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berusaha supaya pelayanan yang ada di tempat tersebut terus ditingkatkan dengan berbagai upaya yang ada.

"Termasuk di antaranya menambah fasilitas yang ada di tempat tersebut," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mencoba naik ke atas kendaraan berat tersebut untuk memastikan fungsi dari alat yang baru dioperasikan ini.

Menteri Susi dalam lawatannya di Jawa Timur mengusung beberapa agenda setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Jatim.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membagikan sekitar 5 ton ikan laut untuk para santri di sejumlah pondok pesantren wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sebagai upaya memberikan makanan bergizi yang diberikan secara simbolis di PP Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.(*)
Video Oleh Indra Setiawan
 

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018