Sidoarjo, (Antaranews Jatim) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sidoarjo, Jawa Timur menargetkan bisa menjadi juara pada pelaksanaan pekan olahraga provinsi (Porprov) 2019 dengan mempersiapkan atlet muda berbakat.

Ketua KONI Kabupaten Sidoarjo M Franky Efendi di Sidoarjo, Jumat mengatakan, pihaknya saat ini tengah melaksanakan Pekan Olahraga Kaupaten (Porkab) 2018 sebagai upaya untuk menjaring atlet berbakat yang nantinya akan diorientasikan mengikuti Porprov 2019.

"Jadi atlet yang menjadi juara pada kegiatan kali ini, selanjutnya akan dilakukan pemusatan pelatihan selama setahun, sebagai upaya menyongsong pelaksanaan Porprov 2019," katanya di sela pembukaan Porkab 2018 di GOR Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengemukakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menggali potensi bibit-bibit atlet daerah yang berkualitas.

"Sekitar dua ribu atlet-atlet potensial Sidoarjo siap berlaga pada kegiatan ini. Intinya seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo turut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, terdapat 28 cabang olah raga yang dipertandingkan dalam kegiatan ini yang diikuti 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

"Jadi kombinasi atlet dari cabang olah raga dan perwakilan kecamatan. Kegiatan pertandingan juga ada yang berlangsung beberapa hari lalu sampai dengan 29 Juli besok," katanya.

Dari 28 cabang olahraga yang ikut berlaga, kata dia, sebagian cabang olahraga sudah melakukan pertandingan di antaranya Catur, Basket, Aeromodelling, Sepatu Roda dan Renang.

"Kami sangat berharap dalam Porkab 2018 betul-betul bisa dilaksanakan dengan menjaga sprotivitas, betul-betul 'fair', karena yang terbaik nanti akan kami kirim untuk berlaga di Porporv 2019. Tentunya, harus dimulai dari seleksinya atau penyeleksinya juga harus mempunyai kualitas yang baik," katanya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku sangat mendukung kegiatan ini untuk mencari bibit-bibit atlet baru asal Kabupaten Sidoarjo.

"Kami berharap pada Porprov 2019 mendatang Sidoarjo ada embel-embel juaranya," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018