Pamekasan (Antaranews Jatim) - Mantan calon Bupati Pamekasan, Jawa Timur KH Kholilurrahman, mendaftar sebagai bakal calon legislatif untuk DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) XI Madura melalui Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

"Memang benar Kiai Kholil mendaftar sebagai bacaleg dari Partai Nasdem untuk pemilu legislatif 2019 nanti," ujar Sekretaris DPD Nasdem Pamekasan Ribut Herwindo di Pamekasan, Jumat.

Cabup yang berpasangan dengan Fathor Rohman pada pilkada 27 Juni 2018 itu, terdaftar sebagai bacaleg Partai Nasdem dengan nomor urut 2, sama seperti nomor urut saat di Pilkada Pamekasan.

Selain KH Kholilurrahman, cabup lain yang juga mendaftar sebagai bacaleg untuk DPR RI dari partai dengan nomor urut 5 ini adalah Cabup Bangkalan Farid Alfauzi.

Kholilurrahman merupakan cabup yang kalah pada pilkada 27 Juni 2018. Calon yang berpasangan dengan Fathor Rohman, mantan anggota DPRD Pamekasan itu meraih dukungan 228.596 suara, sedangkan pesaingnya Badrut Tamam-Raja`e (Berbaur) mampu meraih dukungan lebih banyak, yakni 257.738 suara.

Mantan anggota DPR RI dari PKB Periode 2014-2018 itu menang di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Palengaan, Pegantenan dan Kecamatan Waru, sedangkan pesaingnya "Berbaur" menang di 10 kecamatan dengan total selisih 29.142 suara atau 5,9 persen.

Namun Kholil tidak terima dengan kekalahan itu, dan mengajukan gugatan sendirian ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sedangkan cawabupnya Fathor Rohman menerima kekalahan tersebut.

Sebagaimana Kholil, Fathor Rohman juga mencalonkan diri sebagai bacaleg pada pemilu 2019 di tingkat kabupaten dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018