Kediri (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan santunan pada anak-anak yatim piatu di kota ini, sebagai bagian dari upaya pemkot memerhatikan mereka serta membantu meringankan beban keluarga.

"Kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan dalam rangkaian Hari Jadi Kota Kediri. Kemarin di sini, ada sema`an Al-Quran dan alhamdulillah bisa dikatamkan sebanyak lima kali lalu malam sebelumnya ada kegiatan doa bersama. Dan hari ini, pemberian santunan kepada anak yatim," katanya di Kediri, Minggu (22/7).

Dalam kegiatan itu, ada sebanyak 1.625 anak yang mendapatkan santunan yang digelar di Balai Kota Kediri. Ia berharap rangkaian acara ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Kota Kediri, terutama bagi anak-anak tersebut.

"Mudah-mudahan semua kegiatan ini akan menjadi berkah tersendiri. Kota Kediri akan lebih baik lagi, Kota Kediri lebih sejahtera dan semakin bisa berdaya saing," katanya.

Wawali Kediri juga menyampaikan pesan kepada anak-anak yatim penerima santunan untuk terus belajar agar menjadi anak pintar, sholeh, sholehah, dan berakhlahul karimah. Mereka ke depan adalah para generasi penerus bangsa, yang akan memimpin negeri ini ke depannya.

Sebelum acara dimulai, Ning Lik, sapaan akrab Wakil Wali Kota Kediri juga mengajak seluruh hadirin membacakan surah Al-Fatihah untuk orang tua yang telah lebih dulu berpulang. Doa dilantukan dengan khusyuk yang diikuti seluruh yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Ning Lik juga menyerahkan sebayak 25 unit sepeda kepada 25 anak yatim yang beruntung. Mereka sangat senang menerima hadiah tersebut, terlebih lagi bisa bertemu langsung dengan Wawali Kediri.

Fajar, salah satu penerima asal Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, Kediri mengaku senang. Sepeda itu bisa digunakannya untuk bersekolah dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Dalam santunan tersebut, 1.625 anak yatim piatu itu berasal dari 46 kelurahan di Kota Kediri. Petugas sebelumnya telah mendata yang dilakukan oleh petugas dari masing-masing kelurahan.

Jumlah anak yang diundang pada Hari Jadi Ke-1139 Kota Kediri ini juga lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya, dimana di tahun sebelumnya hanya sekitar 1.500 anak. Pemkot memang berharap, dapat memberikan kebahagiaan yang merata untuk anak-anak yatim piatu.

Acara pemberian santunan tersebut ditutup dengan iringan grup rebana binaan karang taruna dengan lantunan selawat hingga menggema di seluruh pelataran Balai Kota Kediri.

Dalam kegiatan tersebut, selain dihadiri Wawali Kediri, juga sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Kediri, ribuan pendamping anak yatim dan tamu undangan lainnya. (*)

 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018