Situbondo (Antaranews Jatim) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar acara Pesta Rakyat Semarak Asian Games 2018 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

"Kami ingin masyarakat juga semangat menyambut gelaran Asian Games XVIII, di mana kali ini Indonesia yang menjadi tuan rumah penyelenggaraannya," ujar Direktur SDM dan Umum PT KAI, R. Ruli Adi dalam siaran persnya yang diterima Antara di Situbondo.

Ia mengemukakan, kegiatan ini digelar sebagai acara penyambutan Pawai Obor Asian Games XVIII yang melintasi Kabupaten Situbondo dalam bentuk pawai kota dengan rute Monumen 1000 KM Anyer Panarukan, Kantor Bupati Situbondo dan Pendopo Kabupaten Situbondo.

Pawai Obor Asian Games XVIII ini, katanya, nantinya akan langsung dilepas untuk melanjutkan perjalanannya keliling Nusantara.

Selain untuk menghibur masyarakat Situbondo dan sekitarnya, lanjut dia, pesta rakyat Semarak Asian Games XVIII bersama PT KAI ini juga dimaksudkan sebagai sarana mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat seputar penyelenggaraan Asian Games yang sebentar lagi akan berlangsung.

"Dalam gelaran pesta rakyat ini, PT KAI juga menggandeng UMKM lokal untuk mengisi bazar selama kegiatan berlangsung dan hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing produk-produk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk dari luar daerah maupun luar negeri," kata Ruli Adi.

Ia menambahkan, penyelenggaraan pesta rakyat Semarak Asian Games XVIII oleh PT KAI atas inisiasi Kementerian BUMN.

Selain menggelar kegiatan Semarak Asian Games XVII bersama PT KAI, untuk menyosialisasikan semangat Asian Games, PT KAI juga telah menyediakan dua stasiun yakni Stasiun Gambir di Jakarta dan Stasiun Kertapati di Palembang.

16 kereta eksekutif di rangkaian KA Argo Parahyangan dan KA Argo Wilis, dan delapan kereta pada rangkaian KA Limex untuk dipasang materi promosi dan branding Asian Games 2018.

Pemasangan umbu-umbul sosialisasi Asian Games 2018 di stasiun-stasiun lain serta KAI juga menayangkan video seputar Asian Games di televisi kereta api sehingga dapat memberikan informasi dan edukasi kepada pengguna jasa KA tentang serba-serbi Asian Games 2018.

Guna mendukung konektifitas pelaksanaan Asian Games 2018, PT KAI juga menyiagakan delapan "trainset" yang masing-masing terdiri dari tiga kereta LRT di Palembang dan 30 perjalanan KA Argo Parahyangan relasi Stasiun Gambir, Stasiun Bandung untuk mendukung mobilitas para peserta Asian Games 2018.

Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 dan difokuskan di dua kota besar yakni Jakarta dan Palembang. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018