Surabaya (Antaranews Jatim) - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur mendaftarkan 115 orang bakal calon legislatif untuk DPRD Jatim periode 2019-2024.

“Seluruh bacaleg PKS berasal dari berbagai profesi dan latar belakang, termasuk generasi milenial atau anak muda,” ujar Sekretaris Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan di sela pendaftaran di Kantor KPU Jatim di Surabaya, Selasa.

Ia merinci, dari 115 orang bacaleg untuk DPRD Jatim, sebanyak 40,87 persennya adalah perempuan atau tepatnya 47 orang sehingga melebihi kuota 30 persen sebagaimana peraturan berlaku.

Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim itu juga menjelaskan, seluruh bacaleg PKS antara lain terdiri dari mantan birokrat, kepala desa, guru, dokter, pengacara, pengusaha, seniman, aktivis kepemudaan dan lainnya.

Di tempat sama, Ketua Umum DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan menegaskan partainya menargetkan 12 persen klatau setara dengan 14 kursi DPRD Jatim.

“Kami optimistis di setiap dapil PKS akan mendapatkan kursi. Semua usaha sudah dilakukan dan kami bersyukur karena prosesnya lancar,” ucapnya.

Sementara itu, sejumlah partai politik lain yang waktu pendaftaran bacalegnya hampir sama dengan PKS adalah Partai Perindo dan Partai Golkar.

Dari Golkar, jumlah bacaleg yang didaftarkan sebanyak 120 orang dengan keterwakilan perempuan 42,5 persen di seluruh daerah pemilihan (dapil).

“Sudah sesuai aturan dan kami optimistis Golkar meraih hasil maksimal di Pemilu Legislatif 2019,” kata Sekretaris DPD I Partai Golkar Jatim Sahat Tua Simanjuntak. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018